F16 Paksa Turun Pesawat Afrika

Oleh: Azhar |

Sebuah pesawat kargo milik maskapai Ethiopian Air dipaksa mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam. Pesawat jenis Boeing B777 itu memasuki wilayah kedaulatan udara yurisdiksi Indonesia secara ilegal.

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Dua unit pesawat tempur F16 Fighting Falcon TNI AU mendaratkan paksa pesawat Afrika
di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (14/01). Pesawat kargo jenis Boeing B777 yang dioperasikan maskapai Ethiopian Air itu dipaksa turun karena memasuki wilayah kedaulatan udara yurisdiksi Indonesia secara ilegal.

Pesawat tersebut diketahui tidak dilengkapi Flight Clearance (FC). Tindakan TNI AU itu berawal dari laporan Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) III Medan kepada Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas).

Selanjutnya, melalui TNI AU yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Pekanbaru, melakukan pendaratan paksa.
“Pesawat kargo Ethiopian Air tersebut bernomor registrasi ET-AVN yang kini tengah berada di bandara Hang Nadim, Batam,” kata Komandan Skadron 16 Lanud RSN, Letkol Pnb Bambang di Pekanbaru, Senin, (14/1).

Pesawat ET-AVN itu berangkat dari Addis Ababa, Ibukota Ethiopia dengan tujuan Hong Kong. Pesawat tersebut juga tidak bisa menyebutkan izin setelah dihubungi oleh otoritas navigasi udara Indonesia (AirNav) melalui komunikasi radio.

“Akhirnya, pada pukul 09.33 WIB pesawat B777 ET-AVN mendarat di Batam disusul oleh dua pesawat tempur F16 TNI AU,” katanya. (Azh/INI Network)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here