Prabowo: Kalau Perlu, Relawan Menginap di TPS

Calon Presiden 02 Prabowo Subianto. Foto : Istimewa

Oleh: Rengga Permana |

Tempat pemungutan suara harus diawasi secara maksimal. Ini menjadi tugas penting para relawan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bertemu dengan relawan Roemah Djoeang. Dalam kesempatan itu, ia meminta para partisipan turut andil memenangkan pemilihan umum, caranya dengan mengamankan tempat pemungutan suara (TPS).

“Kalau terpaksa kalian bawa rantang ke TPS, bawa tikar, sekalian piknik di situ. Kalau perlu tidur sampai selesai untuk negara,” kata Prabowo dalam acara Kopdar Simpul Relawan di Roemah Djoeang, di Jakarta, Minggu (13/01/2019).

Menurutnya, hal ini mendesak untuk dilakukan, sebab banyak indikasi kecurangan terdapat di TPS. Apalagi, kata dia, berbuat curang seakan menjadi budaya di Tanah Air.

“Memang salah satu kelemahan bangsa kita ini adalah, jangan kan usaha besar, terkadang main sepakbola di tingkat kecamatan saja mau curang. Datang ya, harus sampai sore. Nunggu. Jangan nanti baru (datang) terakhir-terakhir,” imbuh Prabowo.

Dengan menjaga TPS, relawan bisa turun langsung memantau. Khususnya dalam mengetahui siapa saja yang memilih di lingkungan rumah mereka. Jangan sampai ada penyusup masuk.

Selain itu, Prabowo mewanti-wanti mereka agar mewaspadai pemilih-pemilih ‘hantu’ yang akan menyoblos. Artinya, relawan harus memastikan fasilitas di TPS normal, kotak suara kosong, kertas suara belum tercoblos dan standar lainnya.

“Coba cek, cek semua kotak itu harus kosong sebelum pemilihan,” sebut Prabowo.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here