BPN: KPU Harus Jaga Integritas

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (ketiga kiri) dalam diskusi 'Refleksi Malari, Ganti Nahkoda Negeri?' di Sekretariat Nasional Prabowo Sandi, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (15/1). Foto: Ahmad Z.R/Indonesiainside

Oleh: Ahmad Z.R. |

KPU mendapat amanat Undang-Undang sebagai lembaga penyelenggara hajat demokrasi lima tahunan. Karena itu, KPU harus profesional dan proporsional, bukan justru akomodatif.

Indonesiainside.id, Jakarta — Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pidato kebangsaan dengan memukau di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/1). Dalam kesempatan tersebut memaparkan jelas visi misi dan berbagai program aksi.

Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Hidayat Nur Wahid mengatakan tidak ada indikasi pasangan nomor urut 02 tersebut melanggar kampanye, meski disiarkan secara live oleh beberapa stasiun televisi.

“Jadi, ketika KPU (Komisi Pemilihan Umum) membatalkan penyampaian visi misi dan KPU mempersilakan masing-masing pihak menyampaikan visi misi, Pak Prabowo-Sandi menyampaikan visi misi dalam bentuk pidato kebangsaan,” ujar Hidayat usai diskusi ‘Refleksi Malari, Ganti Nakhoda Negeri?’ di Sekretariat Nasional Prabowo Sandi, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (15/1).

Menurut Hidayat, ketidaktegasan KPU mengakibatkan ketidakpastian soal komitmen yang awalnya dibuat bersama kedua kubu pasangan calon. Hal itu terlihat dari penolakan KPU terhadap revisi visi misi Prabowo-Sandiaga. Padahal, KPU mengizinkan masing-masing paslon melakukan perubahan sebelum debat perdana pada 17 Januari mendatang.

“Seharusnya KPU menjaga integritasnya sendiri. Jangan kemudian Pak Jokowi menyatakan ada yang medelegitimasi KPU, silahkan diproses polisi. Nah yang medelegitimasi ini kan KPU sendiri. Publik sudah tahu aturannya seperti apa tapi dibatalkan,” kata Hidayat.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here