Gubernur Anies Gratiskan Pasien DBD

Gubernur Anies Baswedan meninjau salah satu pasien DBD di RS Pasar Minggu, Jakarta. Foto : Instagram Anies Baswedan

Oleh : Eko P |

Kasus DBD di Ibukota meningkat enam kali lipat dalam kurun waktu sepekan terakhir. Warga diminta menjaga lingkungan dan waspada bila ditemukan gejala.

Indonesiainside.id, Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan perawatan gratis bagi penderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal ini berlaku di semua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta khusus kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Seluruh pembiayaan dicover oleh pemerintah. Jadi jangan khawatir,” kata Anies di Jakarta, Senin (4/2).

Diriya juga mengingatkan warga untuk lebih memperhatikan gejala-gejala DBD. Jika ditemukan gejala tersebut, masyarakat diminta langsung menuju Puskesmas untuk segera mendaptakan pemeriksaan.

“Bagi semua yang merasakan tanda-tanda seperti demam berdarah, jangan dianggap enteng. Datangi saja puskesmas terdekat. Periksakan diri dan jangan ditunda-tunda,” ujarnya.

Anies juga menyampaikan, semua RSUD milik Pemprov kondisinya sangat bagus. Fasilitasnya juga memadai. “RUSD kita fasilitasnya bagus-bagus untuk perawatan DBD,” sambungnya.

Pemprov juga mendorong jumantik untuk terus terjun di lapangan. Petugas dari kelurahan RT dan RW turun tangan langsung untuk mendorong warga terjaga dan memeriksa lingkungan.

“Sampai hari ini jumlahnya 876 kasus di Jakarta, di RSUD Pasar Minggu ini salah satu yang terbanyak ada 49 pasien sedang dirawat inap,” melansir dari akun Instagram @aniesbaswedan.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti menyatakan telah terjadi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengeu (DBD) hingga enam kali lipat dalam kurun sepekan terakhir. Data 20 Januari sebelumnya, tercatat sebanyak 111 kasus DBD. Pada 27 Januari, jumlah itu meningkat pesat, dimana kasus DBD mencapai 613 kasus.

Setidaknya ada tiga wilayah dengan kasus DBD terbanyak yakni Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Lima kecamatan dengan IR tertinggi antara lain Jagakarsa dengan 19,27 IR, Kalideres 16,94 IR, Kebayoran Baru 16,54 IR, Pasar Rebo 13,93 IR, dan Cipayung 13,57 IR. (EPJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here