Oleh: Agus Susilo |
Mau tahu berapa pendapatan yang diperoleh pengelola jalan tol? Karena sepi, nominal yang didapat ternyata belum sesuai dengan pengeluarannya.
Indonesiainside.id, Semarang – Sepinya kendaraan yang masuk jalan tol berimbas langsung pada pendapatan. Alih-alih untung, tiap bulan pengelola mesti mengeluarkan uang untuk investasi.
Hal itu terjadi di Tol Trans Jawa di Ruas Batang-Semarang. Jalan tol sepanjang 75 kilometer itu terbagi menjadi lima seksi tol.
Direktur Utama Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan pemasukan yang diperoleh tol ruas Batang-Semarang belum sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Per hari, pemasukan yang diperoleh dari kendaraan yang masuk berkisar Rp 1 miliar. Jika dikalkulasi Rp 30 miliar per bulannya
Namun, yang menjadi catatan adalah adanya kewajiban pembayaran bunga pinjaman yang digunakan untuk pembangunan tol sebesar Rp 157 miliar per tiga bulan. Sama saja dengan membayar Rp 52 miliar bunga pinjaman per bulannya.
“Itu baru bunganya. Belum pokoknya. Kalau total pokoknya Rp 7 triliun,” kata Arie, pada diskusi ‘Puji dan Bully’ Tol Trans Jawa di lantai I Gedung Pemprov Jawa Tengah, Rabu (27/2).
Artinya, kebutuhan pengelola lebih besar lagi. Selain untuk bayar utang pokok dan bunga, pihaknya juga harus menyediakan anggaran per bulan untuk operasional pegawai. Pihaknya memperkirakan investasi jalan tol baru akan BEP setelah 13 atau 15 tahun. Sementara hak konsesi yang diperoleh yakni 45 tahun.
Selain alasan sepi, rendahnya pendapatan tol juga disebabkan karena adanya diskon hingga 15 persen yang diberikan bagi pengguna tol. Namun hal ini dilakukan untuk memberikan keringanan tarif dan menarik masyarakat memanfaatkan tol.
Alasan lain adalah penurunan tarif dari Rp 1.100 per kilometer menjadi Rp 1.000 per kilometer. “Nilai kontrak nya, untuk tarif tol sebenarnya Rp 1.100 per km,” terangnya.
Saat ini asosiasi jalan tol Indonesia dan pemerintah sedang melakukan kajian terhadap formula penentuan tarif jalan Tol Trans Jawa. Kemungkinan besar tarif tol akan diturunkan lagi.(Aza/INI-Network)
Bangun tol bukan dagang, itu memang kewajiban pemerintah untuk subsidi dan menfasilitasi kepentingan rakyat….
Listrik masuk desa emang untung ????
Buat irigasi dan waduk emang untung ?
Heloooooo….
Ternyata km dongok, goblok tp sok pinter, jelas2 jalan TOL itu komersil, dibangun untuk mendapat profit.
Kalau kewajiban Negara menyediakan jalan raya umum untuk rakyatnya dengan menggunakan uang rakyat.
Hellooww bodohh
Indonesia tempat cari profit bagi pemodal asing ,masyarakat INDONESIA sebagai obyek
Indonesia tempat cari profit bagi pemodal asing
Dalam pandangan Islam, Jalan mrpkn hajat hidup org banyak yang harus disediakan negara (Daulah/Khilafah) pd rakyatnya. Haram dikomersialkan/swastanisasi/privatisasi.
Berapa ruginya bila jalanan macet tiap hari..dari subsidi bbm dan onkos transport..dan keterlambatan dulu baru di buka brebes palumanan sepi dan mahal…..punyaya aburizal
Mana tukang obat kuat, hadirlah
Mana Tukang obat, hadirlah
infrastructure trap ini pernah diungkapkan oleh pak Said Didu mantan sekretaris mentri bumn. skrg rasakan saja akibatnya…sdh diingatkan Jokowi tetap ngeyel…
Jalan onta kali’ .
Dulu sblm ada tol, mudik lebaran ke Jawa biasa nginap di jalan. Skrg Jjt Srby 8 jam an.
Kalau beban hutang diserahkan ke propinsi mungkin akan bnyk pungutan yg dinaikan,nasi bungkus kena pajak misalkan…
Coba dari dulu ikut saran mardigu WP Saya yakin insya Allah kita gak akan bayar bunga kalau semua dikuasai negara…..
Akan jadi milik bersama dan nilai keekonomiannya juga akan tercapai tol akan maksimal dipergunakan
istilah investor apalagi investor asing telah menjajah kita melalui sistem ekonomi para cebong mana ngerti persoalan ini akhirnya yang menikmati jalan tol hanya orang-orang kaya sementara kita kita yang hidup biasa-biasa tinggal melongo menengok kekuasaan bermain dengan oligarki
Khilafah dibawa-bawa sama Riyantolol…..lu cek aja sendiri siapa Koruptor paling banyak di bumi ini…..kalo urusan Tol sih..Hukum rimba..,..yang mampu lewat Tol…….kalo kagak ya lewat Pantura..
Yang korupsi cina semua, triliunan pula
Yg korupsi rata2 bangsat babi mata sipit penganut salibis tiang jemuran.., cek aja..
Manajemen KADRUN pantes bangkrut … koruptor menguasai BUMN kilafah penghancur NKRI … diaudit saja believe it or not. TOL SURAMADU free total lancar …. no problem SURABAYA IS THE BEST PROVINCE OF INDONESIA NOW 2019🇮🇩
Lu kemana mana arahnya ke islam terus pdhal yg lariin duit negra si sipit dah brp sipit lariin duit negara lu pd mingkem bae. Togog
Eh Mat knp jadi lu yg sewot?! Bawa2 isu SARA segala…korupsi terjadi krn kongkalikong oknum pejabat dan pengusaha.Kalo komen yg cerdas jgn adu domba!! Dasar lu rasis!! Jaman nabi aja budak yg dibebasin org2 kulit hitam.Nabi pun tidak suka adanya diskriminasi! So mulai skrg belajarlah lagi anda ttg agama Islam ya!!Org kecil mah mingkem bae..urusan korupsi sdh ada KPK yg menangani!!
Lihat statement diatas mas, dia bilang kilafah dsb.. gw sebagai tersinggung lah, Jelas2 Khilafah itu ajaran Islam artinya tau gak, harusnya ente yang belajar agama.. Masalah koruptor hampir 90% yang korupsi ya si mata sipit.. itu kenyataan kok
Biasa bang orang kafir emang gitu. Yg korupsi siapa, yg di benci siapa. Dah mendarah daging susah. Kebanyakan makan makanan haram
Goblok dipelihara bawa bawa kadrun segala.
naikan lagi biaya masuk tol donk. biar tambah sepi.. pantes aja nggak ada perbaikan. jalan tol kok aspalnya tambal sulam dan bergelombang. ruas pejagan sampai cipali lajur kiri.
Aduh penulisnya kog piciknya.. Mengukur dampak dari infrastruktur seperti pembangunan jalan itu bukan hanya dari pendapatan toll fee. Tapi juga dari dampak sosial dan ekonomi lainnya secara langsung dan tidak langsung. Wartawan abal2.
INGAT TOLL BERBAYAR ITU BUKAN JALAN PUBLIK,.PALAGI DG TARIP SABGAT KOMERSIIL, BEDA DG JALAN UMUM/PUBLIK….
Dampak sosial mata lo.., goblok dipiara..!! Jelas2 tol itu berbayar, investasi pengusaha yg rata2 cina.
Dampak sosialnya kl mau tau, Tol trans Jawa mematikan perrkonomian pribumi di jalur pantura.
Lihat saja berapa banyak RM yg tutup.
Betul… Di USA pun juga begitu setelah state’s highway dibangun.. ya bisnis spt resto, market di kota² kecil banyak yg tutup.