Indonesiainside.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Populer
  • Pemilu 2024
  • News
  • Ekonomi
  • Risalah
  • Narasi
  • Home
  • Populer
  • Pemilu 2024
  • News
  • Ekonomi
  • Risalah
  • Narasi
Indonesiainside.id
Home News Nasional

Pendapatan Tol Rp 30 M, Bayar Bunga Utang Rp 53 M

Oleh INI Network
Rabu, 27/02/2019 20:49
Tol trans jawa. Foto: Fakta News

Tol trans jawa. Foto: Fakta News

FacebookTwitterWhatsapp

Oleh: Agus Susilo |

Mau tahu berapa pendapatan yang diperoleh pengelola jalan tol? Karena sepi, nominal yang didapat ternyata belum sesuai dengan pengeluarannya.

Indonesiainside.id, Semarang – Sepinya kendaraan yang masuk jalan tol berimbas langsung pada pendapatan. Alih-alih untung, tiap bulan pengelola mesti mengeluarkan uang untuk investasi.

Hal itu terjadi di Tol Trans Jawa di Ruas Batang-Semarang. Jalan tol sepanjang 75 kilometer itu terbagi menjadi lima seksi tol.

Baca Juga:

Tol Becakayu Bisa Tampung 30 Ribu Kendaraan Setiap Hari

Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing

Direktur Utama Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan pemasukan yang diperoleh tol ruas Batang-Semarang belum sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Per hari, pemasukan yang diperoleh dari kendaraan yang masuk berkisar Rp 1 miliar. Jika dikalkulasi Rp 30 miliar per bulannya

Namun, yang menjadi catatan adalah adanya kewajiban pembayaran bunga pinjaman yang digunakan untuk pembangunan tol sebesar Rp 157 miliar per tiga bulan. Sama saja dengan membayar Rp 52 miliar bunga pinjaman per bulannya.

“Itu baru bunganya. Belum pokoknya. Kalau total pokoknya Rp 7 triliun,” kata Arie, pada diskusi ‘Puji dan Bully’ Tol Trans Jawa di lantai I Gedung Pemprov Jawa Tengah, Rabu (27/2).

Artinya, kebutuhan pengelola lebih besar lagi. Selain untuk bayar utang pokok dan bunga, pihaknya juga harus menyediakan anggaran per bulan untuk operasional pegawai. Pihaknya memperkirakan investasi jalan tol baru akan BEP setelah 13 atau 15 tahun. Sementara hak konsesi yang diperoleh yakni 45 tahun.

Selain alasan sepi, rendahnya pendapatan tol juga disebabkan karena adanya diskon hingga 15 persen yang diberikan bagi pengguna tol. Namun hal ini dilakukan untuk memberikan keringanan tarif dan menarik masyarakat memanfaatkan tol.

Alasan lain adalah penurunan tarif dari Rp 1.100 per kilometer menjadi Rp 1.000 per kilometer. “Nilai kontrak nya, untuk tarif tol sebenarnya Rp 1.100 per km,” terangnya.

Saat ini asosiasi jalan tol Indonesia dan pemerintah sedang melakukan kajian terhadap formula penentuan tarif jalan Tol Trans Jawa. Kemungkinan besar tarif tol akan diturunkan lagi.(Aza/INI-Network)

Tags: jalan toltol trans jawa
Previous Post

Omset Lapak Penjual Buku Bekas Turun 50 Persen Gara-gara E-commerce

Next Post

Bawaslu Diminta Serius Tindak Kepala Daerah dan ASN yang Berpihak

Rekomendasi Berita

Penyidikan Kasus Korupsi di Indramayu Berlanjut, KPK Panggil Lima Mantan Anggota DPRD Jabar
Headline

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Dinilai Mampu Cegah Korupsi PNS

03/02/2023
Eksekusi 3.323 Hektare Lahan PT PSJ Gagal, Banyak Pihak Kecewa
Headline

Pembebasan Lahan Hutan Diprioritaskan untuk Masyarakat Bukan Perusahaan

03/02/2023
Malaysia Kembali Tangkap WNI Ilegal
Headline

Pengiriman TKI Ilegal Harus Dihentikan Agar Tak Jadi Korban Perdagangan Orang

02/02/2023
PLN Jamin Penyediaan Listrik Bagi Industri di Batam
Nasional

PLN Jamin Penyediaan Listrik Bagi Industri di Batam

02/02/2023
Kabar Gembira, Seleksi CPNS & PPPK 2023 Segera Dibuka, Jangan Sampai Telat
Headline

Kabar Gembira, Seleksi CPNS & PPPK 2023 Segera Dibuka, Jangan Sampai Telat

01/02/2023
IMCD 2023 Pilih Target Audience Berbeda Dari Tahun Lalu
Nasional

IMCD 2023 Pilih Target Audience Berbeda Dari Tahun Lalu

31/01/2023

Comments 26

  1. Mike says:
    2 tahun ago

    Bangun tol bukan dagang, itu memang kewajiban pemerintah untuk subsidi dan menfasilitasi kepentingan rakyat….
    Listrik masuk desa emang untung ????
    Buat irigasi dan waduk emang untung ?
    Heloooooo….

    Balas
    • Agung says:
      2 tahun ago

      Ternyata km dongok, goblok tp sok pinter, jelas2 jalan TOL itu komersil, dibangun untuk mendapat profit.
      Kalau kewajiban Negara menyediakan jalan raya umum untuk rakyatnya dengan menggunakan uang rakyat.
      Hellooww bodohh

      Balas
  2. Satria says:
    2 tahun ago

    Indonesia tempat cari profit bagi pemodal asing ,masyarakat INDONESIA sebagai obyek

    Balas
  3. Satria says:
    2 tahun ago

    Indonesia tempat cari profit bagi pemodal asing

    Balas
  4. Abu jihad says:
    2 tahun ago

    Dalam pandangan Islam, Jalan mrpkn hajat hidup org banyak yang harus disediakan negara (Daulah/Khilafah) pd rakyatnya. Haram dikomersialkan/swastanisasi/privatisasi.

    Balas
  5. Edy sud says:
    2 tahun ago

    Berapa ruginya bila jalanan macet tiap hari..dari subsidi bbm dan onkos transport..dan keterlambatan dulu baru di buka brebes palumanan sepi dan mahal…..punyaya aburizal

    Balas
  6. Galib says:
    2 tahun ago

    Mana tukang obat kuat, hadirlah

    Balas
  7. Galib says:
    2 tahun ago

    Mana Tukang obat, hadirlah

    Balas
  8. iman prasetya says:
    2 tahun ago

    infrastructure trap ini pernah diungkapkan oleh pak Said Didu mantan sekretaris mentri bumn. skrg rasakan saja akibatnya…sdh diingatkan Jokowi tetap ngeyel…

    Balas
    • Usmandado says:
      2 tahun ago

      Jalan onta kali’ .
      Dulu sblm ada tol, mudik lebaran ke Jawa biasa nginap di jalan. Skrg Jjt Srby 8 jam an.

      Balas
  9. Irsyad khoerul anam says:
    2 tahun ago

    Kalau beban hutang diserahkan ke propinsi mungkin akan bnyk pungutan yg dinaikan,nasi bungkus kena pajak misalkan…

    Balas
  10. Abu Azzam says:
    2 tahun ago

    Coba dari dulu ikut saran mardigu WP Saya yakin insya Allah kita gak akan bayar bunga kalau semua dikuasai negara…..
    Akan jadi milik bersama dan nilai keekonomiannya juga akan tercapai tol akan maksimal dipergunakan
    istilah investor apalagi investor asing telah menjajah kita melalui sistem ekonomi para cebong mana ngerti persoalan ini akhirnya yang menikmati jalan tol hanya orang-orang kaya sementara kita kita yang hidup biasa-biasa tinggal melongo menengok kekuasaan bermain dengan oligarki

    Balas
  11. Davin Siregar says:
    2 tahun ago

    Khilafah dibawa-bawa sama Riyantolol…..lu cek aja sendiri siapa Koruptor paling banyak di bumi ini…..kalo urusan Tol sih..Hukum rimba..,..yang mampu lewat Tol…….kalo kagak ya lewat Pantura..

    Balas
    • Djaj says:
      2 tahun ago

      Yang korupsi cina semua, triliunan pula

      Balas
    • Agung says:
      2 tahun ago

      Yg korupsi rata2 bangsat babi mata sipit penganut salibis tiang jemuran.., cek aja..

      Balas
  12. riyanto70 says:
    3 tahun ago

    Manajemen KADRUN pantes bangkrut … koruptor menguasai BUMN kilafah penghancur NKRI … diaudit saja believe it or not. TOL SURAMADU free total lancar …. no problem SURABAYA IS THE BEST PROVINCE OF INDONESIA NOW 2019🇮🇩

    Balas
    • Rahmat says:
      3 tahun ago

      Lu kemana mana arahnya ke islam terus pdhal yg lariin duit negra si sipit dah brp sipit lariin duit negara lu pd mingkem bae. Togog

      Balas
      • Wong Smart says:
        2 tahun ago

        Eh Mat knp jadi lu yg sewot?! Bawa2 isu SARA segala…korupsi terjadi krn kongkalikong oknum pejabat dan pengusaha.Kalo komen yg cerdas jgn adu domba!! Dasar lu rasis!! Jaman nabi aja budak yg dibebasin org2 kulit hitam.Nabi pun tidak suka adanya diskriminasi! So mulai skrg belajarlah lagi anda ttg agama Islam ya!!Org kecil mah mingkem bae..urusan korupsi sdh ada KPK yg menangani!!

        Balas
        • Paijo says:
          2 tahun ago

          Lihat statement diatas mas, dia bilang kilafah dsb.. gw sebagai tersinggung lah, Jelas2 Khilafah itu ajaran Islam artinya tau gak, harusnya ente yang belajar agama.. Masalah koruptor hampir 90% yang korupsi ya si mata sipit.. itu kenyataan kok

          Balas
      • Romo says:
        2 tahun ago

        Biasa bang orang kafir emang gitu. Yg korupsi siapa, yg di benci siapa. Dah mendarah daging susah. Kebanyakan makan makanan haram

        Balas
    • Djaj says:
      2 tahun ago

      Goblok dipelihara bawa bawa kadrun segala.

      Balas
  13. faiz says:
    3 tahun ago

    naikan lagi biaya masuk tol donk. biar tambah sepi.. pantes aja nggak ada perbaikan. jalan tol kok aspalnya tambal sulam dan bergelombang. ruas pejagan sampai cipali lajur kiri.

    Balas
  14. Desak says:
    3 tahun ago

    Aduh penulisnya kog piciknya.. Mengukur dampak dari infrastruktur seperti pembangunan jalan itu bukan hanya dari pendapatan toll fee. Tapi juga dari dampak sosial dan ekonomi lainnya secara langsung dan tidak langsung. Wartawan abal2.

    Balas
    • spram says:
      3 tahun ago

      INGAT TOLL BERBAYAR ITU BUKAN JALAN PUBLIK,.PALAGI DG TARIP SABGAT KOMERSIIL, BEDA DG JALAN UMUM/PUBLIK….

      Balas
    • Agung says:
      2 tahun ago

      Dampak sosial mata lo.., goblok dipiara..!! Jelas2 tol itu berbayar, investasi pengusaha yg rata2 cina.
      Dampak sosialnya kl mau tau, Tol trans Jawa mematikan perrkonomian pribumi di jalur pantura.
      Lihat saja berapa banyak RM yg tutup.

      Balas
      • Herman says:
        2 tahun ago

        Betul… Di USA pun juga begitu setelah state’s highway dibangun.. ya bisnis spt resto, market di kota² kecil banyak yg tutup.

        Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkini

Penyidikan Kasus Korupsi di Indramayu Berlanjut, KPK Panggil Lima Mantan Anggota DPRD Jabar

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Dinilai Mampu Cegah Korupsi PNS

03/02/2023 20:00
Bapenda Kabupaten Tangerang Buka Layanan Aktivasi SPPT PBB yang Terblokir

Bapenda Kabupaten Tangerang Buka Layanan Aktivasi SPPT PBB yang Terblokir

03/02/2023 19:28
Kompol D Akui Wanita di Mobil Audi A6 Istri Sirinya

Kompol D Akui Wanita di Mobil Audi A6 Istri Sirinya

03/02/2023 19:04
Sekda Resmikan MOT, Sky Bright dan Gudang Farmasi pada HUT Ke-5 RSUD Pakuhaji

Sekda Resmikan MOT, Sky Bright dan Gudang Farmasi pada HUT Ke-5 RSUD Pakuhaji

03/02/2023 17:33

Berita Populer

Anies Pacu Motivasi Para Santri di Ponpes Dea Malela Sumbawa

01/02/2023 15:00

Wuling Bingo EV Harga Rp170 Ribu, Intip Kelebihannya!

02/02/2023 13:12

Pengiriman TKI Ilegal Harus Dihentikan Agar Tak Jadi Korban Perdagangan Orang

02/02/2023 21:30

Suhu Hampir Beku Lumpuhkan Kawasan Texas

02/02/2023 14:33

Ikuti Kami

  • Tahun 2023 adalah Tahun Kelinci Air. Dianggap Memiliki arti khusus
yang dianggap bisa memberikan pesan untuk melewati tahun ini. Apa saja arti dari kelinci air? Simak infografis berikut.

Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#imlek #tahunbaruimlek #imlek2023 #chinesenewyear #tahunkelinci2023 #kelinciair #tahunkelinciair #infografis #indonesiainside
  • Semoga tahun baru imlek membawa berkah, kesehatan dan keberuntungan bagi kita semua.

Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#tahunbaruimlek #chinesenewyear #imlek #imlek2023 #tahunbaruchina #tahunkelinciair #tahunkelinci #indonesiainside
  • Komunitas motor gede meminta pemerintah untuk melegalkan pengendara moge melintas di jalan tol. Simak penjelasannya ya!

Simak info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#moge #motogede #mogemasuktol #jalanraya #motor #jalantol #indonesiainside
  • Pemprov DKI Jakarta tahun ini berencana menerapkan Electronic Road Pricing (ERP) untuk mengurai kemacetan. Seluruh kendaraan bermotor akan dikenakan tarif ketika melintas di ruas tertentu.

Simak info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#jalanberbayar #jalanraya #dkijakarta #indonesiainside #jalanjakarta
  • Dari kita untuk kita, menanam pohon sama dengan menanam harapan untuk kehidupan lebih baik.

Simak info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#gerakansatujutapohon #pohon #menanampohon #indonesiainside
  • Pemerintah telah menyepakati dan menetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 melalui SKB 3 Menteri yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066/2022, Nomor 03/2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Baca info menarik lainnya di www.indonesiainside.id

#harilibur #liburnasional #hariliburnasional #tanggalmerah #jadwallibur2023 #libur2023 #2023 #indonesiainside
Indonesiainside.id

  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
No Result
View All Result
  • Home
  • Pemilu 2024
  • News
    • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Humaniora
    • Internasional
    • Nusantara
  • Ekonomi
  • Metropolitan
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Tekno
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Serba-serbi
    • Podcast
    • Foto
    • Infografis
    • Videografis
  • Media Monitoring
  • Berita Populer
  • Indeks Berita
  • Download Apps

© 2022 MediatrustPR. All right reserved