Anies Dambakan Segera Punya Wagub

Sudah enam bulan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tak didampingi wakil gubernur. Foto: Istimewa

Oleh: Arif S |

Anies berharap DPRD Jakarta segera memproses surat pengajuan nama cagub tersebut sesuai ketentuan. 

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, berharap agar DPRD Jakarta segera memproses dua nama calon wakil gubernur Jakarta untuk dipilih salah satu. Harapan itu diutarakan Anies siang ini (5/3) di Balaikota DKI Jakarta.

“Surat pengajuan cagub sudah kami sampaikan. Tentu kami berharap DPRD sesegera mungkin untuk memproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” papar Anies.

Ia mengungkapkan, saat surat dari PKS (Partai Keadilan Sejahtera) disampaikan, Sekretaris Daerah DKI,  Saefullah, yang menerima. Saat itu Anies sedang membesuk Ani Yudhoyono di Singapura. Ia memerintahkan Saefullah agar menerima surat pengajuan dua nama cawagub tersebut.

Anies menambahkan, begitu tiba dari Singapura, ia langsung menandatangi surat tersebut. Dua nama yang diajukan PKS adalah Ahmad Syaikhu dan Agung Ylianto.

Gubernur Jakarta itu lalu membuat surat dengan noor 191/1.86 tentang Penyampaian Nama Calon Wakil Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Surat yang ditandatangani Anies tersebut ditujukan pada ketua DPRD DKI Jakarta dengan tembusan kepada Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo.

Anies menjelaskan, Senin lalu surat tersebut diterima sekretaris DPRD. “Sekarang tentu surat tersebut sudah ada di dewan,” tuturnya.

Provinsi DKI Jakarta tidak memiliki wagub sejak enam bulan lalu. Hal ini lantaran Sandiaga Uno sebagai wagub mengundurkan diri secara resmi pada 27 Agustus 2018.

Sandi mundur karena dipilih Prabowo Subianto menjadi cawapres dalam pemilihan presiden 2019. Dia membacakan surat pengunduran diri tersebut di hadapan Anies Baswedan dan seluruh jajaran DPRD Jakarta dalam sidang paripurna dewan setempat. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here