Pertama di Indonesia, SMK Maritim Lamongan

Fadeli Bupati Lamongan.Foto: Istimewa

Oleh: H. Mohammad

Indonesiainside.id, Jakarta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Maritim untuk pertama kalinya akan dibangun di Lamongan, Jawa Timur. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Lamongan, Fadeli, di Lamongan, Senin (29/4). “Prosesnya sudah dalam pembahasan Gubernur Jawa Timur dan Kementerian Pendidikan,” tutur Fadeli. “Lokasinya di sekitar Brondong atau kawasan pesisir Lamongan,” jelasnya.

Rencanaya, tahun 2019 ini sudah mulai dibangun gedungnya di atas tanah seluas 4 hektar. “Nilai pembangunan sekitar Rp25 miliar, dana dari provinisi dan APBN,” tambah Fadeli.

Dipilihnya Lamongan karena di daerah ini potensi kemaritiman cukup luas dengan dukungan 20 ribu nelayan, 4 ribu perahu besar dan kecil, serta berbagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) skala besar dan kecil.

Didirikannya SMK Maritim ini disambut baik oleh Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Ir Avando Bastari. “Kami senang dengan akan berdiriinya SMK Maritim ini,” katanya. Menurutnya, selama ini, kegiatan pelaksanaan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh STTAL di Lamongan juga mengarah pada program peningkatan sumber daya manusia (SDM) di pesisir Lamongan.

Sebagaimana diketahui, Lamongan punya sumber daya maritim yang masih bisa dikelola secara lebih profesional. Salah sataunya adalah dengan berdirinya SMK Martim, agar bisa mengelola sumber daya alamnya secara maksimal. (HMJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here