Jelang Mudik Lebaran, Kemenkes Sediakan 6.047 Pos Kesehatan

Oleh: Muhajir

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI memberikan perhatian khusus terhadap arus mudik Lebaran 2019. Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengatakan, 6.047 Posko kesehatan akan tersebar di jalur pantura, pantai selatan (Pansela) Jawa dan Tol Trans Jawa.

Posko tersebut terdiri dari puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit, ambulans, dan klinik. Dalam posko itu nantinya, pemudik bisa memeriksa kesehatan seperti mengecek gula darah sampai tempat untuk istirahat.

“Kita juga siapkan tempat kesehatan dan juga menjaga kebersihan dalam arti menjaga makanan selama perjalan yang menyebabkan sakit perut agar tidak menganggu konsentrasi dalam mengemudi,” kata Nila Moeloek, usai Rakor Angkutan Lebaran Bidang Lalu Lintas di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, hari ini (12/5).

Nila menambahkan, untuk menunjang pelayanan saat mudik lebaran nanti, Kemenkes telah menyiagaka panggilan darurat 119 yang standby selama lebaran. Tak hanya itu, ambulans roda dua juga disiapkan untuk mempercepat evakuasi dan ambulans roda empat yang disiapkan di setiap posko.

Selain itu, Nila juga berbagi tips-tips untuk para pemudik yang akan meramaikan arus mudik dan balik Lebaran nanti. Dia mengimbau, pengemudi harus sehat dan menghindari minuman yang mengakibatkan kantuk.

“Karena harus bertanggung jawab membawa penumpang,” kata Nila.

Menkes juga mengimbau memilih waktu saat mudik lebaran nanti. Ini karena data kementerian kesehatan kecelakaan terjadi rata-rata pada waktu siang hari. “Mungkin ini berangkatnya pada waktu sesudah sahur, kemudian lelahnya terjadi pada siang hari,” ujarnya. (EPJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here