BPJS Kesehatan Defisit, DPR: Carikan Solusi Dong

Oleh: Muhajir

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mendesak pemerintah segera mecari solusi dan perbaikan terkait permasalahan defisit biaya Badan Penyelenggara Jamian Sosial (BPJS) Kesehatan. Ini karena masalah tersebut sudah terjadi betahun-tahun dan tidak ditemukan jalan keluarnya.

Dia mengatakan, DPR memberikan perhatian khusus terhadap permasalahan dalam penyelenggaraan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) selama kurun waktu 5 tahun terakhir. Terutama defisit dana jaminan sosial atau permasalahan JKN yang dikelola BPJS.

Fahri menuturkan, harus ada teobosan secara sistemik agar masalah yang bersifat mulfaktorial ini dapat diselesaikan. “Perlu segera dilakukan perbaikan secara sistemik,” ujar Fahri Hamzah saat membuka rapat gabungan di Gedung DPR dan pemerintah di ruang rapat Komisi IX, Jakarta, Selasa (27/8)

DPR juga mendesak pemerintah untuk melakukan langkah-langkah perbaikan sistem JKN agar dapat dapat berlangsung dalam janga waktu yang panjang. Termasuk mempertimbangkan bauran kebijakan untuk dijadikan garis haluam jangka panjang dalam menekan defisit JKN.

DPR juga menilai perlu ada kajian rasionalisasi antara manfaat dengan biaya iuran yang dikeluarkan oleh peserta. Maka itu, DPR berharap ada pembahasan komprehensif terhadap keseluruhan permasalahan JKN.

“Ini merupakan pengejawantahan dari amanat konstitusi dan undang-undang,” kata dia.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here