BJ Habibie Presiden Pertama Dimakamkan di TMP Kalibata

BJ Habibie Presiden Pertama Dimakamkan di TMP Kalibata
Presiden RI ke-3, BJ Habibie (kanan). Foto: Antara

Oleh: Eko P

Indonesiainside.id,Jakarta – Presiden RI ke-3 BJ Habibie hari ini, Kamis(12/9) akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, prosesi pemakamannya akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. BJ Habibie menjadi presiden pertama yang dikebumikan di TMP Kalibata.

Hal ini karena presiden sebelumnya seperti Presiden pertama RI Ir. Soekarno, Presiden RI ke-2 HM Soeharto dan Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dimakamkan di pemakaman keluarga.

Kepastian pemakaman Bapak Teknologi Indonesia ini dipastikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dalam keterangan resminya, Pratikno menyebut bahwa negara menyiapkan pemakaman yang akan dilakukan siang ini.

Liang makam untuk Presiden Habibie juga sudah disiapkan sejak lama di TMP Kalibata. “Sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya Ibu Ainun Habibie di slot 120-121,” kata Praktikno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9).

Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, pada siang hari sekitar pukul 13.30 WIB. Sebelum itu akan dilakukan upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah yang digelar di kediaman Habibie di Kawasan Patra Kuningan.

“Sekitar pukul 13.30 WIB, prosesi upacara pemakaman beliau dilakukan di TMP Kalibata,” ujar Sekpri BJ Habibie, Rubijanto, Kamis (12/9).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari ini juga memberikan keistimewaan kepada masyarakat yang ingin melakukan takziah melepas BJ Habibie dengan meniadakan aturan ganjil-genap.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here