Perwakilan Negara Sahabat Sampaikan Ucapan Duka Wafatnya BJ Habibie

 

Oleh: Nurcholis

Indonesiainside.id, Jakarta-Sejumlah perwakilan dari negara sahabat seperti Belanda, Amerika Serikat, Kanada, dan Qatar menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie yang berpulang pada usia 83 tahun di Jakarta, Rabu malam.

Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia Lamber Grijns melalui akun resmi media sosial Twitternya @LambertGrijns mengunggah foto hitam putih BJ Habibie seraya menyampaikan bela sungkawa atas kepergian presiden RI ke-3 itu.

“Kami turut berduka cita atas meninggalnya, Presiden Ketiga Indonesia, B.J. Habibie. Selamat jalan, Pak Habibie. #BJHabibie,” kata Grijns dalam Bahasa Indonesia.

Kedutaan Besar AS untuk Indonesia lewat akun resmi Twitternya @usembassyjkt juga menyampaikan ucapan duka dan mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

“Pemerintah dan rakyat Amerika turut berdukacita atas meninggalnya mantan Presiden RI #BJHabibie. Doa kami menyertai seluruh keluarga yang ditinggalnya. – #DubesDonovan,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr lewat akun Twitter Kedubes AS.

Selain Belanda dan AS, ucapan duka turut disampaikan dari Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter Macarthur dan Dubes Qatar untuk Indonesia Ahmed bin Jassim Al-Hamar.

Ucapan duka disampaikan Macarthur saat ia berpamitan ke Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di kantornya, Kamis (12/9).

Dalam cuitan di akun resmi Twitternya @Menlu_RI, Retno menyampaikan Dubes Macarthur menyampaikan ucapan bela sungkawa atas wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Selepas pertemuan dengan Macarthur, Retno juga menerima ucapan bela sungkawa dari Dubes Qatar Al-Hamar yang mendatangi Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis untuk berpamitan.

“Dubes Al-Hamar menyampaikan rasa duka mendalam kepada mendiang Presiden RI ke-3, Bapak BJ Habibie. Bon voyage Ambassador!,” kata Retno.

Sementara itu, Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie setelah menyampaikan belasungkawa atas wafatnya presiden RI ke-3 itu di Jakarta, Rabu malam.

Kenangan

Berthonnet menyampaikan ucapan duka cita dan kenangan pertemuan dengan Habibie tersebut dalam bahasa Inggris melalui akun resmi Twitter @JCBerthonnet yang dikutip Antara pada Kamis.

“Saya memiliki kesempatan berharga pernah bertemu Presiden #Habibie. Beliau memainkan peran penting dalam transisi Indonesia menuju negara demokrasi,” kata dia.

Berthonnet juga menyampaikan rasa kagum kepada BJ Habibie atas jasanya mengembangkan sektor kedirgantaraan Indonesia.

“BJ Habibie berjasa pada dunia kedirgantaraan Indonesia, yang mana @Airbus jadi salah satu mitra strategisnya,” tambahnya.

Kedutaan Besar Prancis  juga mengibarkan bendera setengah tiang untuk menghormati kepergian Habibie, mengikuti penetapan hari berkabung nasional selama tiga hari yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

Mantan Presiden Indonesia ketiga ini dikenal dengan prestasinya di bidang teknologi. Salah satu karya BJ Habibie dalam teknologi, dibuktikan oleh keberhasilan membuat pesawat N-250 Gatotkaca produksi di IPTN Bandung pada tanggal 10 Agustus 1995 silam.

Habibie adalah penemu Theory Crack Progression atau disebut dengan “Theory of Habibie”. Sebuah teori yang berjasa dalam meningkatkan keamanan penerbangan di seluruh dunia dan terus diterapkan hingga kini dan nanti, sebuah penemuan yang sangat besar di dunia penerbangan. Karena temuannya itulah BJ Habibie akhirnya mendapat julukan “Mr. Crack”.

Presiden RI ke-3 BJ Habibie wafat di Jakarta pada usia 83 tahun. Jasadnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, pada Kamis siang, bersebelahan dengan pusara istrinya Hasri Ainun Habibie. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here