Pigura Habibie dari Hasil Daur Ulang Dihadiahkan ke Keluarga di Pemakaman

pigura Habibie
Warga berswafoto dengan pigura Habibie di TMP Kalibata. Ahmad ZR/Indonesiainside.id

Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebuah pigura dengan lukisan wajah BJ Habibie jadi ajang berswafoto bagi warga yang ikut melayat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Lukisan ini adalah hadiah dari warga yang mengagumi sosok Habibie sebagai Bapak Bangsa.

Meski Habibie sudah wafat, pendiri Academy Recycle, Surani, senang hasil karyanya sampai ke keluarga Habibie. Begitulah cara penggiat seni dari hasil daur ulang ini mengekspresikan penghormatannya kepada Habibie.

Pria paruh baya asli Jakarta ini membuat lukisan wajah BJ Habibie yang dibuat dari bahan daur ulang kertas, plastik dan styrofoam.

 pigura Habibie
Warga berswafoto dengan pigura Habibie di TMP Kalibata. Ahmad ZR/Indonesiainside.id

“Bagi saya, Pak Habibie adalah sosok yang menginspirasi, beliau merupakan bangsa bapak dan banyak memberikan inspirasi,” kata Surani kepada Indonesia Inside, di area TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Surani menuturkan, produksi daur ulang bahan-bahan tersebut dilakukan dengan pengkajian dan penelitian sangat lama, yaitu 21 tahun. Namun, dari penelitian tersebut ia memiliki 1001 cara untuk mengelola daur ulang bahan-bahan sisa.

“Ini kita lakukan juga untuk mengurangi polusi sampah yang terus meningkat setiap tahunnya,” ujarnya.

Ia senang dan bangga, hasil karyanya tersebut telah sampai kepada keluarga mantan presiden, Melalui Academy Recycle, ia berharap banyak pegiat lingkungan yang lain yang mengikuti jejaknya.

“Dan saya berdoa mudah-mudahan bisa seperti Pak Habibie memberikan karya terbaik,” katanya.

Pantauan Indonesia Inside, sejumlah menteri dan pejabat lainnya lebih dulu hadir, di antaranya Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Mensos Agus Gumiwang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Mendagri Tjahjo Kumolo. Hingga kini, sejumlah pejabat dan para tokoh terus berdatangan.

Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di usianya yang ke-83 tahun. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, karena sakit. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here