Kabar Habibie Jadi Donor Kornea Mata untuk Putranya Hoaks

FTI UMI Makassar Abadikan Habibie sebagai Nama Gedung Berlantai 4
Almarhun Prof BJ Habibie. Foto: Antara

Oleh: Azhar AP

Indonesiainside.id, Jakarta – Sehari sebelum wafat, beredar kabar hoaks bahwa Presiden BJ Habibie telah meninggal dunia, Selasa (10/9). Kabar itu pun sampai ke telinga Habibie dan menanyakan langsung kepada putra keduanya, Thareq Kemal Habibie.

Sehari setelah wafatnya, beredar lagi kabar hoaks tentang dirinya. Ada pesan berantai (broadcast) bahwa Habibie telah mendonasikan kornea mata untuk Thareq Kemal. Informasi ini juga dipastikan hoaks.

Putra pertama almarhum BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie mengklarifikasi bahwa informasi yang beredar itu tidak benar. Dia sekaligus meluruskan bahwa adiknya tidak menderita penyakit terkait kornea mata.

“Penyakitnya retina. Kalau kornea bukan penyakitnya Thareq, kalau kita pakai bahasa kekinian itu adalah hoaks. Tidak mungkin (menyembuhkan kerusakan retina mata dengan cara donor), mungkin dengan cara yang lain, dan itu belum ditemukan,” kata Ilham Habibie di Jakarta, Jumat (13/9).

Baca Juga:  Musisi Anji Dicecar 45 Pertanyaan oleh Penyidik saat Diperiksa soal Hoaks Obat Covid-19

Menurut dia, penyakit yang diderita oleh adiknya itu bernama glaukoma yakni penyakit yang merusak bagian retina mata. Retina adalah selaput jala mata atau dinding mata sebelah dalam. Sedangkan kornea adalah selaput bening mata.

“Itu tidak bisa digantikan, dengan teknologi hari ini tidak bisa, sekali rusak selalu rusak, belum ada metode pengobatannya,” kata dia.

Berbeda dengan kerusakan mata di bagian kornea, hal itu masih mungkin untuk disembuhkan dengan metode pengobatan saat ini. Nah, adiknya menderita glaukoma akibat dari penyakit gula yang sudah diderita Thareq bertahun-tahun.

Baca Juga:  Anji Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

“Biarpun ya ceritanya indah didengar tapi secara teknis itu tidak bisa dan tidak pernah terjadi kalau kita pakai bahasa, mungkin tidak bisa ditolong,” ujarnya.

Glaukoma adalah penyakit mata yang ditandai kerusakan saraf mata yang dikaitkan dengan peningkatan tekanan bola mata dan gangguan lapang penglihatan. Glaukoma dapat merusak penglihatan dengan perlahan dan bersifat permanen.

Sementara itu, Thareq Kemal Habibie kerap muncul memberikan keterangan pers terkait kondisi ayahnya semasih dirawat di RSAD Gatot Soebroto, Jakarta. Dari penampilannya itulah yang mengundang perhatian karena memakai penutup di mata kanannya. (Aza/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here