Mensos Cegah Pengunjung Selfie di Makam BJ Habibie

Perilaku warga berswafoto di nisan makam Habibie menimbulkan keprihatinan. Foto: Instagram Anggun_Cipta

Oleh: Rudi Hasan

Indonesiainside.id, Jakarta – Makam Presiden ketiga RI, BJ Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, terus dikunjungi warga. Tak hanya berziarah, mereka juga melakukan selfie alias swafoto di makam itu.

Yang patut disayangkan, kegiatan itu mereka lakukan tanpa mengindahkan norma bahwa makam adalah tempat peristirahatan terakhir. Banyak warga berbondong-bondong melakukan selfie di sana.

Potret mengenai fenomena tak lazim itu pun tersebar dan menjadi viral di media sosial, kemudian mengundang rasa prihatin, bahkan kemarahan warganet. Menteri Sosial Agus Gumiwang pun turun tangan. Dia telah menurunkan petugas keamanan agar makam tersebut tidak sekadar digunakan untuk melakukan swafoto (selfie).

“Kami tempatkan dua orang satpam di samping makam selama sebulan untuk menjaga peziarah agar berziarah dengan berdoa dan mendoakan Pak Habibie, bukan hanya untuk berselfie-selfie dengan nisan,” kata Agus saat dikonfirmasi, Ahad (15/9).

Dia menuturkan, ini bukan untuk mempersulit atau melarang warga berziarah ke makam Presiden ketiga Republik Indonesia itu. Langkah tersebut dilakukan semata-mata agar masyarakat yang ingin berdoa untuk almarhum tidak terganggu.

“Sekali lagi, kami tidak pernah mempersulit bagi peziarah yang ingin mendoakan Pak Habibie di sana, bahkan kami berharap agar masyarakat datang untuk mendoakan beliau,” ucapnya.

Sebelumnya, banyaknya masyarakat yang melakukan swafoto dan diunggah di media sosial, menjadi ramai perbincangan warganet. Fenomena ini ternyata mengundang rasa prihatin, bahkan kemarahan warganet. Pasalnya, mereka menilai hal ini tak layak dilakukan, apalagi di makam BJ Habibie yang merupakan seorang tokoh besar Indonesia.

Tak hanya di Instagram, pengguna Twitter pun miris melihat pemandangan ini. Mereka ada yang mengecam, tapi ada pula yang mencoba berpikir positif mengenai perilaku warga yang melakukan swafoto di makam almarhum. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here