Kiriman Kabut Asap Karhutla Tiba di Aceh, Babel, Batam, dan Tanjungpinang

kabut asap
Kabut asap di wilayah sampit. Foto: Antara

Oleh: Azhar AP

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Kiriman asap dari wilayah terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera sudah sampai ke sejumlah daerah. Pembagian masker menjadi langkah pertama dilakukan khususnya untuk melindungi anak-anak sekolah dari udara buruk.

Kiriman asap dikabarkan sudah tiba di Aceh, Bangka Beliliting, serta Batam dan Tanjungpinang (Kepulauan Riau). Masing-masing pemerintah setempat berupaya menanggulangi kabut asap khususnya untuk bantuan penyelamatan warga.

Di Aceh, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, kabut asap kiriman dari sejumlah provinsi di Sumatera kini menyelimuti Aceh. Jarak pandang sangat terbatas di sejumlah wilayah.

“Sejak Selasa sore, kemungkinan besar asap kebakaran dari provinsi di Sumatera. Sebab di Aceh, tidak tampak titik panas beberapa hari terakhir,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Aceh, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Rabu (18/9).

Dia menjelaskan, kabut asap kiriman tersebut diperkuat oleh arah angin di wilayah Indonesia bagian barat yang secara umum mengarah ke tenggara, dan memiliki kecepatan berkisar antara lima hingga 15 knots. Di sejumlah daerah provinsi paling barat Indonesia itu, jarak pandang turun menjadi dua hingga empat kilometer terutama di darat maupun wilayah perairan di Aceh.

Data BMKG pada Selasa (17/9) menyebut, satelit Terra dan Aqua mendeteksi 498 titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan di Sumatera. Provinsi paling banyak menyumbang titik panas, yakni Sumatera Selatan 194 titik, Jambi 174 titik, dan Riau 60 titik.

“Adapun sejumlah daerah di Aceh terkena paparan asap secara umum berada di wilayah timur di antaranya Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Lhokseumawe, dan Aceh Utara,” kata dia.

Di Batam, Kepulauan Riau, pemerintah setempat menginstruksikan supaya anak-anak sekolah mengenakan masker agar terhindar dari paparan kabut asap. Namun, belum ada kebijakan meliburkan sekolah.

“Agar anak sekolah memakai masker, antisipasi untuk menjaga kesehatan,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Rabu (18/9).

Amsakar mengatakan, pemerintah belum akan mengambil kebijakan meliburkan anak sekolah, agar tidak ketinggalan pelajaran. Meski belum diliburkan, pemerintah membatasi kegiatan luar ruangan anak sekolah, seperti olahraga dan pramuka.

Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menganjurkan warga menggunakan masker. Hal itu menyusul kabut asap yang mulai menyelimuti daerah itu dalam beberapa hari ini.

“Kami mengimbau warga yang beraktivitas di luar rumah menggunakan masker untuk menghindari penyakit gangguan pernafasan dan iritasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, dr Bahrun R Siregar di Koba, Rabu (18/9).

Dia menjelaskan, kabut asap sudah mulai menyelimuti daerah itu dalam beberapa hari terakhir yang bersumber dari kebakaran hutan baik kiriman dari luar daerah maupun kebakaran hutan yang terjadi di daerah itu. “Sampai saat ini kami belum mendapat laporan terkait dampak kabut asap itu terhadap kesehatan warga, namun perkembangannya tetap kami pantau,” ujarnya.

Kebijakan serupa juga terjadi di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Wali Kota Tanjungpinang Syahrul menerbitkan surat edaran hingga ke Kepala Sekolah atau Madrasah agar waspada penyakit akibat kabut asap.

Menurut Syahrul, saat ini telah terjadi penurunan kualitas udara di Tanjungpinang akibat asap kiriman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatra dan Kalimantan.

“Untuk menindak lanjuti hal itu, maka diimbau kepada masyarakat untuk menghindari atau mengurangi aktivitas di luar rumah terutama bagi ibu hamil, bayi, lansia, maupun penderita penyakit jantung dan paru-paru,” kata Syahrul, Rabu.

Selain memakai masker mulut dan hidung dan memperbanyak minum air putih, bagi penderita jantung diminta segera berobat ke sarana pelayanan kesehatan terdekat. Dalam imbauannya, warga juga diminta makan makanan bergizi dan tidak merokok serta istirahat yang cukup. (Aza/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here