Emak-Emak Militan Mulai Padati Gedung DPR

demo emak
Aksi elemen emak-emak di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (20/9). Foto: Muhajir/Indonesiainside.id

Oleh: Muhajir

Indonesiainside.id, Jakarta – Ratusan massa mulai berdatangan di depan Gedung DPR, tepatnya Jalan Gatot Subroto arah Slipi, Jakarta Pusat, pada Jumat (20/9) siang. Rencananya, mereka akan menggelar aksi damai sejumlah revisi undang-undang (RUU) yang segera disahkan DPR.

Pantauan Indonesiainside.id, sekitar pukul 14.10 WIB di lokasi, mayoritas massa yang akan melakukan aksi ada─║ah kalangan emak-emak. Aksi tersebut bertajuk ‘Gerakan 20 September’.

Mereka akan menyampaikan aspirasi untuk menolak kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang dianggap gagal mensejahterakan rakyat dan mengabaikan kepentingan bangsa.

Kebanyakan dari mereka memakai dresscode merah putih. Tak lupa, mereka membawa atribut aksi seperti spanduk dan bendera.

Tampak beberapa massa memasang spanduk yang diikatkan ke pagar Gedung DPR. Massa juga membawa spanduk berukuran kecil bertuliskan ‘Tolak RUU PKS’, ‘Pancasila Berdaulat, Bangsa Selamat’, ‘Tolak Revisi UU KPK’.

“Kita pengen keadilan, pengen Jokowi Turun. Jojowi manusia yang sudah banyak membawa mudharat. Banyak janji yang tidak ditempati,” kata Ibu Indah dari Persatuan Emak-Emak Tangerang (PEREMPATAN), ketika ditemui di lokasi.

Demo emak

Sementara, pengamanan di depan Gedung DPR juga diperketat. Selain aparat kepolisian yang berjaga, sejumlah kendaraan taktis disiagakan dekat pintu masuk Gedung DPR.

Bahkan, ratusan personil dikerahkan untuk mengamankan jalannya aksi. Kapolsek Metro Tanah Abang, AKBP Lukman Cahyono, mengatakan, sebanyak 877 personel yang telah diterjunkan ke sekitar Gedung DPR.

“Itu gabungan Polri dan TNI,” kata Lukman di lokasi.

Sementara, Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes, Argo Yuwono, mengatakan, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar gedung Parlemen Senayan. Rekayasa lalu lintas itu bersifat situasional.

“Sudah kita siapkan juga rekayasa lalu lintasnya. Itu bersifat situasional ya,” kata Argo. (EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here