Persis Minta Aparat Lindungi Pendatang di Wamena

Oleh: Nurcholis

Insonesiainside.id, Bandung-Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis) sangat berduka atas musibah Wamena yang menyebabkan ribuan orang melakukan eksodus setelah Kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)  membuat keributan di Wamena.

Wakil Ketua Umum PP Persis Dr. Jeje Zaenudin mendesak aparat keamanan bisa bekerja secara maksimal melindungi para pendatang.

“Tolong upayakan maksimal dalam melindungi masyarakat pendatang dari tindakan brutal yang berlatar belakang sara”, kata Jeje sebagaimana dikutip di laman persis.or.id Sabtu (28/9).

Secara khusus ia menghimbau kepada warga jamiyyah Persatuan Islam dan semua pihak mewaspadai segala upaya provokasi untuk menciptakan situasi yang mendorong pada separatisme dan disintegrasi bangsa.

“Kita bantu ringankan beban kesulitan saudara kita di Wamena dengan cara apapun yang dibenarkan aturan dan hukum yang berlaku”, ujar Jeje.

Dari data terbaru yang dilansir ACT sebanyak 10.000 pengungsi di Wamena, mayoritas pendatang dari suku Bugis dan Minang.

Menurut ACT, warga pendatang yang paling banyak menjadi korban adalah suku Bugis, Sulawesi Selatan dan Minang (Padang), Sumatera Barat. Kendati demikian, warga pendatang dari Jawa juga ikut menjadi korban. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here