Bantuan untuk Pemulangan Perantau Minang di Wamena Terkumpul Rp778, 7 Juta

Eksodus besar-besaran di Wamena akibat teror yang disebarkan KNPB dan KBB. (Twitter/Istimewa)

Oleh: Urba Adiwijaya

Indonesiainside.id, Padang – Bantuan untuk memulangkan perantau Minang dari Wamena, Jayawijaya, Provinsi Papua, terus mengalir dari berbagai lapisan masyarakat. Dalam lima hari, telah terkumpul dana sekitar Rp778,7 juta.

“Ini hari kelima kita buka rekening Sumbar Peduli Sesama. Ada sekitar 1.400 orang yang telah menyumbang dengan jumlah total Rp778,7 juta,” kata Kepala Biro Bina Mental Pemprov Sumbar, Syaifullah, di Padang, Selasa (1/10).

Menurut dia, jumlah itu akan terus meningkat karena Gubernur Irwan Prayitno berinisiatif mengumpulkan perantau Minang dan 19 bupati/wali kota di Sumbar untuk ikut mengulurkan bantuan. Kegiatan yang digelar di Hotel Balairung, Jakarta, itu diperkirakan akan bisa menambah jumlah bantuan secara signifikan karena jumlah perantau Minang yang berhasil di Jakarta dan sekitarnya memang cukup banyak.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan, menurut informasi terakhir, 1.298 perantau Minang di Wamena meminta untuk bisa dipulangkan ke kampung halaman. Mereka saat ini masih di Wamena dan menunggu transportasi pesawat Hercules TNI AU untuk bisa keluar dari Wamena menuju Jayapura.

Jika semua ingin dipulangkan, maka alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan kapal laut dengan waktu tempuh sekitar 7 hari dari Papua hingga Tanjung Priok. Kemudian, proses pemulangan mereka bisa dilanjutkan dengan bus.

“Kita sedang berkoordinasi dengan Pelni terkait biaya pemulangan perantau ini. Diperkirakan sekitar Rp2,5 juta per orang,” katanya. (AIJ/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here