Puluhan Ribu Buruh Demo, Ini Tuntutannya

aksi buruh
Ilustrasi Massa buruh berjalan menuju ke arah DPR. Rabu (02/10/2019). Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Oleh: Eko P

Indonesiainside.id, Jakarta – Puluhan ribu buruh tumplek blek menggelar aksi serentak seluruh Indonesia pada pagi ini hingga siang nanti, Rabu (2/10). Aksi ini akan di pusatkan di seluruh kota besar di Indonesia, di Ibu Kota akan digelar di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta mulai pukul 10.00 WIB.

“Ada puluhan ribu buruh kota besar seperti di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang hingga ke Manado,” kata Said.

Menurut Said, para buruh akan menyuarakan tuntutan beberapa hal kepada Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Pertama, menolak revisi Undang-undang Ketenagakerjaan karena dinilai merugikan kesejahteraan para buruh, menolak revisi PP Nomor 78 tentang Pengupahan, dan menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang rencananya akan dinaikkan oleh pemerintah tahun depan.

Menurut Said, aksi demonstrasi dilindungi sudah diatur dalam konstitusi. Itu merupakan hak warga negara menyampaikan asprasinya dan dilindungi undang-undnag. “Kami tidak tabu dengan aksi unjuk rasa. Ini bagian dari penyampaian aspirasi,” kata Said Iqbal, Selasa (1/9).

Sebelumnya, dalam pertemuan antara Said Iqbal dengan Presiden Jokowi, KSPI dan buruh Indonesia akan fokus terhadap tiga tuntutan diatas.

Pantauan Indonesia Inside di lapangan pagi ini para peserta demo sudah datang dengan menaiki berbagai moda transportasi di sekitar kawasan Senayan.

Ruas Jalan Gatot Subroto di sekitar Senayan juga masih ditutup untuk kendaraan bermotor dan pejalan kaki pada Rabu ini. Penutupan jalan dilakukan Polda Metro Jaya sejakd ari persimpangan Jalan Gatot Subroto menuju Jalan Pemuda, Senayan.

Polisi memasang balok pembatas dari semen memanjang yang menutupi jalan sehingga tidak bisa diakses oleh kendaraan. (EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here