Deklarasi Soehartonesia Usung Konsep Trilogi Pembangunan

Rakornas Himpunan Masyarakat
Ketua umum HMS Giyanto Hadi Prayitno memberikan secara simbolis laporan kinerja kepada Waketum II, Widyawati Farah Imelda. Foto: Istimewa

Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta – Dalam menjaga warisan (legacy) dan nilai-nilai pembangunan presiden kedua RI Soeharto, Himpunan Masyarakat Soehartonesia (HMS) akan menggelar deklarasi nasional. Deklarasi ini akan dihadiri 33 DPD dan DPC se-Indonesia.

Waketum III HMS, Ketong Noor Said menjelaskan, dalam deklarasi tersebut, HMS akan mencanangkan konsep trilogi pembangunan Pak Harto sebagai gagasan pionir pembangunan. Trilogi pembangunan terdiri dari tiga bagian, yaitu stabilitas nasional yang dinamis, pertumbuhan ekonomi tinggi dan pemerataan pembangunan.

“Kami melihat konsep negara tanpa trilogi pembangunan seperti ini kan jadinya amburadul, tidak seperti masa Pak Harto,” kata Said saat ditemui di sela-sela acara Rakornas HMS di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Sabtu (5/10).

Said menilai pemerintah saat ini perlu berpijak kembali pada Trilogi Pembangunan era Pak Harto jika pertumbuhan ekonomi ingin tumbuh di atas target dan stabilitas nasional terjaga. Dengan begitu, Indonesia dapat menjadi negara berkembang uang diperhitungkan.

“Saat Pak Harto itu kan ada Repelita (rencana pembangunan lima tahun) jelas memuat kemana arah berlayarnya. Nah, ini harusnya menjadi rujukan,” ujarnya.

Waketum II HMS, Widyawati Farah Imelda menambahkan, rangkaian acara deklarasi nasional dan pelantikan pengurus DPP, DPD dan DPC HMS akan diakhiri dengan santunan terhadap 1.000 anak yatim di bulan Maret atau bukan Pak Harto. Selain itu, juga akan melakukan perjalanan napak tilas ke Astana Giri Bangun di Yogyakarta.

“Kita akan rencanakan di Jakarta atau Bandung. Kita berharap dari pihak keluarga (Pak Harto) akan hadir, kemudian para DPD yang sudah mendapat SK (surat keputusan) diharapkan hadir,” ujarnya. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here