Ini yang Membuat Sebagian Masyarakat Rindu Era Pak Harto

Rakornas Himpunan Masyarakat Soehartonesia (HMS)
Rakornas Himpunan Masyarakat Soehartonesia (HMS) di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta. Foto: Ahmad ZR/Indonesiainside.id

Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta -Meski telah tiada, namun warisan (legacy) pembangunan di era Pak Harto tetap dikenang masyarakat. Masyarakat yang rindu dengan kepemimpinan Pak Harto berhimpun dalam satu wadah yang bernama Himpunan Masyarakat Soehartonesia (HMS).

“Bagi mereka yang sangat berkesan sekali dan merindukan sosok Pak Harto itu merasakan negara adem, tenteram, gemah ripah loh jinawi, pekerjaan gampang bagi masyarakat, petani nanam panen pun modalnya cukup, pupuk juga tersedia terus,” kata ketua umum HMS, Giyanto Hadi Prayitno saat ditemui di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Sabtu (5/10).

Selain itu, Giyanto menyebutkan stabilitas nasional saat itu berbeda dengan saat ini. Dampak dari stabilitas nasional era Pak Harto berefek pada tingginya angka kesejahteraan masyarakat dan Indonesia menjadi negara berdaulat, baik secara ekonomi maupun politik.

“Semua terkendali karena under control tunggalnya Pak Harto. Nggak ada isu-isu dan tuduhan radikal, terorisme dan ekstrimisme seperti sekarang,” katanya.

Dalam melanjutkan warisan pembangunan Pak Harto, HMS akan bekerjasama dengan beberapa pemangku kebijakan untuk menjalankan agenda ekonomi kerakyatan, termasuk dengan Saung Berkarya. Melalui program ini diharapkan pertumbuhan ekonomi desa dapat bertumbuh pesat.

“Kita siap bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain maupun secara individu. Kita dapat membuka potensi-potensi usaha dan lahan tidur untuk menyerap tenaga kerja lebih luas,” ujarnya.

Giyanto menyebutkan, di antara realisasi yang sudah dicapai yaitu program pertanian, peternakan dan budidaya lele seperti di Lampung dan Jawa Barat. Ke depan, HMS juga akan menggandeng Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya melalui digital.

“Sebagian DPD dan DPC sudah aktif. Pemasaran digital ini akan terus kita kembangkan sekaligus dengan penjualan tradisional melalui gerobak-gerobak yang nanti akan bekerjasama dengan Goro,” kata dia. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here