Inilah Senjata ‘Ninja’ yang Digunakan Pelaku Menyerang Wiranto

Oleh: Nurcholis

Indonesiainside.id, Jakarta – Salah satu senjata paling banyak dibicarakan orang dan dicari di mesin pencari di dunia maya detik ini adalah Kunai. Senjata kecil mematikan ini hari Kamis disebut Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi sebagai senjata yang digunakan pelaku menusuk Wiranto di Serang Banten dan mengakibatkan tiga orang lainnya terluka.

Sumardi menyebut bentuknya mirip kunai, pisau lempar yang biasa digunakan oleh Ninja.

“Bentuknya seperti pisau, ada bulatan di ujungnya. Kunai,” ujar Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, ditemui di Mapolsek Menes, Kamis (10/10). 

Apa itu Kunai?

Kunai adalah peralatan berukuran yang biasa digunakan pasukan ninja, seorang pejuang seni bela diri yang terampil dalam seni spionase, pembunuhan, dan ilusi . Bentuknya sederhana menyerupai pisau berujung runcing dan sering digunakan seperti kuku para ninja. Alat ini adalah senjata standar bagi Ninja seperti halnya Makibishi dan Shuriken.

Senjata ini memiliki panjang antara 100 ~ 480mm, beratnya 100 ~ 500g. Sementara belati rata-rata agak panjang, sekitar 40 cm.

Senjata berukuran kecil ini biasanya digunakan menempel di dinding sewaktu memanjat atau menggali tanah. Bentuknya yang kecil mudah dibawa ke mana-mana atau disembunyikan di balik baju. Kunai berukuran kecil disebut Tobikunai (Kunai terbang) dan digunakan seperti halnya Shuriken.

Pada dasarnya untuk Ninja, tidak ada perbedaan yang pasti antara alat dan senjata. Ninja memanfaatkan segala sesuatu di sekitar mereka atau semua yang mereka miliki bersama mereka sebagai alat dan senjata.

Menurul laman ninjaencyclopedia Kunai (苦 無) adalah senjata paling masyhur dari Ninja kedua setelah Shuriken. Terbuat dari baja dan bentuknya seperti irisan, dengan memiliki lubang bundar, membuat senjata mirip pisau mudah dicengkeram.

kunai dijual

Bagi Ninja, Kunai adalah alat serba bisa. Biasa digunakan untuk memecahkan pagar atau dinding kastil. Juga digunakan  membuat lubang di dinding, memanjat dinding, terkadang Kunai sendiri bisa menjadi irisan logam.

Serge Mol dalam bukunya Book Classical Weaponry of Japan: Special Weapons and Tactics of the Martial Arts (Senjata dan Taktik Khusus Seni Bela Diri) menyebut Kunai jenis senjata multifungsi mengabaikan alat besi.

Ninja memiliki cara menggunakan kunai untuk mencapai tempat tinggi. Sebagai permulaan, ninja mengalirkan tali ke lubang di ujung Kunai dan mengikat tali dengan erat.

Selanjutnya, ninja melemparkan Kunai ke tempat yang tinggi seperti cabang pohon dan mengaitkan atau melilitkan Kunai di atasnya sehingga Ninja dapat memanjat ke tempat tinggi di sepanjang tali.

Selain dapat digunakan sebagai pisau karena memiliki ujung yang tajam. Ninja menggunakan Kunai sebagai batu api untuk menyalakan api, saat tidak ada korek.

Salah satu Kunai ninja yang populer, Yondaime Tri-Point Anime Knife, memiliki pegangan dengan cincin di pegangan sehingga tali dapat dengan mudah dihubungkan ke sana. Pengguna dapat dengan mudah menggenggamnya selama perkelahian atau pertempuran. Agak berbeda dari Shuriken yang fungsi utamanya adalah melempar sementara pisau ini digunakan untuk menusukkan dan menikam lawan.

Buku Mini Weapons of Mass Destruction: Build and Master Ninja Weapons yang ditulis oleh John Austin,  Kunai menggabungkan seni siluman dan seni kerajinan yang mematikan.

Oleh karenanya, para Ninja juga menggunakan Kunai sebagai ‘pedang pendek’ dalam pertempuran jarak dekat.

Dahulu, Kunai tidak dapat ditemukan di tempat lain selain di sekolah Ninja.  Namun di jaman seperti ini, tembakan atau senjata yang mirip seperti ini dijual bebas secara online.  Di Bukalapak, senjata jenis ini dijual beragam dengan harga sangat murah, antara Rp 15.000 – Rp 100.000. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here