Momen Pengukuhan Komjen Pol Idham Aziz Jadi Kapolri

Pengukuhan Kapolri
Rapat paripurna DPR. Foto: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi menetapkan Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri. Jenderal pangkat tiga itu ditunjuk sebagai calon tunggal pengganti Jenderal (Purn) Tito Karnavian yang kini menjadi Mendagri.

Keputusan itu diambil melalui Rapat Paripurna DPR yang digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis sore (31/10). Selang beberapa menit Ketua DPR, Puan Maharani, membuka rapat, Idham Aziz dipersilahkan memasuki ruang paripurna untuk diperkenalkan ke seluruh anggota DPR.

Idham lengkap dengan pakaian dinas ditemani beberapa petinggi Polri duduk di sisi kanan kursi pimpinan DPR. Ia sempat melambaikan tangan ke para anggota 361 dari 575 anggota dewan yang hadir. Tak lupa, ia juga melempar senyum kepada awak media yang meliput acara tersebut.

Setelah itu, Puan Maharani lalu mempersilakan Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, menyampaikan laporan hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang digelar pada Rabu (30/10). Herman menyampaikan rangkaian uji termasuk kunjungan ke kediaman Idham untuk mengetahui personal calon Kapolri tersebut.

“Seluruh fraksi menyetujui memberhentikan Jenderal Tito Karnavian dan menyetujui Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri,” kata Herman Hery.

Usai penyampaian laporan Komisi III, Puan lalu meminta persetujuan kepada seluruh anggota dewan yang hadir dalam rapat. Mekanisme itu untuk mengetahui apakah ada anggota DPR ada yang tidak setuju, atau sebaliknya semua sepakat.

“Setuju,” jawab anggota Dewan. Puan pun mengetukkan palu tanda pengesahan. Dengan demikian, Idham resmi menjadi Kapolri.

Terlihat, Idham duduk tegak sebelum dipanggil maju ke depan mimbar pimpinan. Suara riuh tepuk tangan dari anggota DPR terdengar hingga Balkon ruangan saat Idham diminta maju ke depan. Ia berdiri dan hormat ala Polri sebelum maju ke depan meja pimpinan.

Rapat lalu ditutup dengan foto bersama. Tampak Puan didampingi empat wakilnya berpose di depan kamera. Berdiri tegak, sekali menengok ke Balkon tempat wartawan foto meliput.

Setelah itu, tampak beberapa anggota DPR maju ke depan memberikan selamat. Ada yang memeluk, sekedar kabar tangan, hingga foto bersama. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here