Bandara Antariksa Baru Akan Dibangun di Pulau Biak Papua

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) Thomas Djamaluddin. Foto: ant

Indonesiainside.id, Jakarta – Saat ini, Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional tengah mewujudkan rencana pembangunan bandara antariksa. Tujuan pembangunan bandara kecil itu antara lain untuk menerbangkan roket kecil buatan nasional. Untuk itu Lapan menjajaki kerja sama dengan kalangan internasional dalam pembangunan bandara antariksa yang direncanakan akan dibuat di Pulau Biak, Papua.

“Biak dipilih karena ia adalah adalah pulau yg paling dekat ekuator dengan pantai timur yg langsung menghadap Samudera Pasifik,” ujar kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin kepada Indonesiainside.id, Jumat (8/11).

Menteri Kemenristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro menjelaskan pembangunan bandara antariksa kecil ini sudah saatnya dipindahkan ke tempat yang lebih ideal. “Pembangunan bandara antariksa yang skala kecil, sedang diupayakan karena sekarang ini yang di Pameungpeuk Garut sudah terlalu crowded, lokasinya dekat dengan penduduk. Kita perlu lahan yang jauh dari penduduk. Dan di biak adalah lokasi yang cukup ideal,” jelas Bambang saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta.

Mengenai anggaran pembiayaan, Lapan akan bekerja sama dengan menggandeng lembaga internasional. “Pembangunan bandar antariksa pasti perlu biaya besar, sementara pemanfaatannya juga perlu efektif. Untuk itu perlu mitra internasional yg diharapkan bisa membiayai pembangunannya serta bisa efektif menjalankan bisnis peluncuran satelit internasional,” jelas Thomas.

Sementara Bambang tidak menampik jika anggaran dari APBN tidak akan cukup untuk melakukan pembiayaan. Maka dari itu, kemenristek membuka kerja sama dengan pihak-pihak yang ingin mengembangkan proyek ini. “Kita buka semua opsi untuk pengembangan badan antariksa termasuk bekerja sama dengan pihak ke tiga,” jelasnya. Dengan pembangunan bandara antariksa ini, diharapkan kedepannya Indonesia bisa membangun bandara antariksa skala besar atau internasional. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here