Pengaktifan Kembali Jabatan Wakil Panglima Mendapat Dukungan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (paling depan mengenakan baret hitam). Foto: ant

Indonesiainside.id, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menanggapi aturan tentang Wakil Panglima TNI. Dia bilang partainya mendukung penuh Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaktifkan kembali posisi Wakil Panglima TNI.

“PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya keputusan dari Presiden Jokowi untuk mengaktifkan kembali posisi Wakil Panglima TNI,” ucap Hasto, Jumat (8/11).

Dia menuturkan, posisi itu dibutuhkan, selain tantangan makin kompleks, perlu satu konsolidasi kekuatan pertahanan untuk menghadapi itu semua.

“Tantangan yang makin kompleks, tidak hanya di menjaga kedaulatan negara Indonesia, negara kepulauan terbesar, tapi ancaman senjata kimia, senjata biologi, ancaman cyber, memang memerlukan suatu konsolidasi seluruh kekuatan aktif ketahanan kita dan kekuatan cadangan kita,” ungkap Hasto.

Hasto menambahkan, hadirnya Wakil Panglima ini bisa membantu Panglima TNI untuk menjalankan tugas-tugasnya.

“Sehingga hadirnya Wakil Panglima TNI yang tugas-tugasnya membantu Panglima TNI, menjawab tantangan di dalam menjabarkan konsepsi pertahanan demi kedaulatan Indonesia Raya kita,” pungkasnya.

Sebelumya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali membuat gebrakan di masa pemerintahannya kali kedua. Dimana, dia menghidupkan kembali posisi Wakil Panglima TNI, melalui Perpres yang sudah ditandatanganinya. Menurut catatan, jabatan itu dihapus Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid pada September 2000. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here