Mendagri: Pemerintah Daerah Jadi Kunci Stabilitas Nasional

Tito Karnavian
Mendagri, Tito Karnavian. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, kembali menyampaikan lima visi utama Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait agenda pembangunan ke depan. Hal itu disampaikan Tito saat sambutan di acara Rapat Koordinasi Indonesia Maju, pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Di antara lima visi utama ini, mulai dari pembangunan SDM, infrastruktur, menyederhanakan regulasi, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi. Lima visi ini disampaikan kembali pada sidang paripurna di DPR yang dihadiri seluruh menteri dan kepala lembaga.

“Para Menko telah memberikan kepada para menteri dan lembaga sehingga harapannya presiden dapat membawa kita lebih terarah. Namun ada satu pihak yang penting sekali dalam menjalankan visi misi presiden, yaitu pemerintah daerah,” kata Tito.

Tito menjelaskan, hampir semua persoalan menyangkut persoalan daerah. Sebagai satu sistem kenegaraan dan pemerintahan, daerah harus mengakomodir rencana besar dari pemerintah pusat.

“Untuk itu, diharapkan visi misi bapak presiden ini dapat disampaikan oleh para menteri kepada pemerintah daerah, sehingga dapat masuk kepada program kerja dan anggaran,” ujarnya.

Mantan Kapolri ini menyebutkan, acara Rakornas Indonesia Maju hingga pagi ini dihadiri oleh 2.963 pemerintah daerah, TNI-Polri, Kejaksaan, dan lain-lain. “Kita harapkan adanya sinergi antara pusat dan daerah untuk membangun Indonesia yang lebih maju,” katanya.

“Acara ini lebih bersifat top down meskipun ada tanya jawab di beberapa kesempatan,” imbuhnya. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here