Anggota Komisi I DPR RI Klarifikasi soal Misionaris yang Kerap ke Papua

Jazuli Juwaini
Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini mengklarifikasi terkait pernyataannya soal misionaris dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Menhan RI beberapa waktu lalu. Dia meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk lebih memperhatikan soal Papua terutama berkaitan dengan pengecekan pesawat yang mengangkut penumpang.

“Pernyataan saya saat Rapat Kerja Komisi I DPR RI dengan Menteri Pertahanan (Menhan) adalah agar diperlakukan sama seluruh pesawat yang masuk ke Papua dalam hal ini check and clearance termasuk yang mengatasnamakan membawa misionaris,” kata Jazuli di Jakarta, Kamis (14/11).

Misionaris di sini tidak dimaksudkan untuk misi agama tertentu, melainkan misi, kepentingan, dan agama apa pun. Hal ini, lanjutnya, dimaksudkan agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang berniat membuat kegaduhan di Papua.

“Karena ada beberapa media yang kemudian mengutip pernyataan saya dengan judul yang tidak sesuai dengan yang saya maksud bahkan cenderung provokatif,” katanya.

Kendati begitu, apabila ada yang salah paham terhadap judul pernyataan dia di media tersebut, yang tidak sesuai dengan maksud, dia meminta maaf. Selama ini, ujarnya, Fraksi PKS terus berjuang untuk keutuhan NKRI dan untuk seluruh rakyat Indonesia dengan beragam suku dan agama sesuai prinsip Bhineka Tunggal Ika.

“Kami tidak bermaksud menyinggung perasaan saudara-saudara kami dari kaum pemeluk agama atau kelompok manapun, karena kami cinta Papua,cinta warga Papua, dan cinta kedamaian di Papua,” ujar dia.

Sebelumnya, Jazuli menuturkan dirinya mengkhawatirkan ada yang mengaku misionaris namun memiliki misi tertentu. “Yang kita khawatirkan (bukan) soal orang sebar agama tetapi yang kita khawatir ada orang atas nama misionaris tapi simpan agenda lain di Papua itu yang jadi biang kerok, bisa jadi, kita tidak boleh tuduh, tapi harus diperiksa,” katanya dalam rapat tersebut.

Melalui rapat itu, Jazuli juga menyarankan Prabowo agar menambah pasukan di wilayah Papua. Ini dalam rangka menjaga keamanan di sana agar selalu kondusif. (Aza)

1 KOMENTAR

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here