Kementerian LHK Prioritaskan Rehabilitasi Hutan dan Lahan di 5 Destinasi Wisata

- Advertisement -

Indonesiainside.id, Tegal – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya bersama Wakil Menteri LHK Alue Dohong dan segenap jajaran eselon I KemenLHK melakukan kunjungan kerja dan inspeksi persemaian bibit pohon di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (16/11).

Persemaian bibit dan kebun benih menjadi menjadi salah satu bagian penting dalam program rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) menjelang turunnya hujan menurut musim di Indonesia.

Menteri LHK Siti Nurbaya, menyampaikan bahwa sebelum tahun 2019, dana APBN hanya menyediakan penanaman RHL untuk rata-rata luasan 23 ribu hektar per tahun. Sedangkan untuk tahun 2019 luasannya meningkat hampir 10 kali lipat menjadi 206 ribu hektar.

- Advertisement -

“Saya sedang berkeliling Indonesia untuk observasi ke persemaian, dari mulai persemaian yang disiapkan pemerintah sampai kebun bibit masyarakat. Karena keberhasilan tumbuh kembangnya pohon dimulai dari pembibitan yang baik. Arahan Bapak Presiden untuk perlu dibangun kebun persemaian yang luas dan modern sebagai usaha penghijauan. Bapak Presiden menugaskan untuk pemulihan lingkungan dengan penanaman yang serius dengan cukup luas dan terukur,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya, saat mengunjungi Persemaian Permanen di KPH Pekalongan Barat, Kabupaten Tegal, Sabtu (16/11) dalam rilis yang diterima.

Menteri Siti juga mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman pohon sebagai upaya pemulihan selain pencegahan terhadap banjir dan kekeringan.

“Caranya yaitu dengan kita menanam pohon serta memperbaiki lahan kritis. Kita percaya kalau pohonnya bagus, mata air juga akan muncul dan airnya nanti juga akan jadi bagus, sehingga lingkungan menjadi baik bagi masyarakat,” imbuh Menteri Siti.

Selain itu, keberadaan pohon, menurut Siti juga dapat menahan kenaikan suhu bumi, yang disebut perubahan iklim. Berdasarkan penelitian, Indonesia perlu menanam 800 ribu ha/tahun agar memiliki iklim yang stabil dan sejuk.

“Rehabilitasi diarahkan pada daerah-daerah destinasi wisata super prioritas Danau Toba, Mandalika, Borobudur, Labuan Bajo dan Likupang serta pada lokasi ibukota negara di Kaltim. Selain itu pada lokasi 15 Daerah Aliran Sungai (DAS) prioritas, 15 Danau Prioritas, daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor, serta daerah hulu dari 65 bendungan/waduk,” jelas Menteri Siti.

Pemerintah, lanjut Siti, juga menegaskan kepada pengusaha yang memakai kawasan hutan dalam usahanya melalui Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) untuk terus melakukan rehabilitasi kawasan dengan penanaman pohon.

Kegiatan RHL, disampaikan Menteri Siti, juga menyerap tenaga kerja, sehingga sejalan dengan prioritas pemerintah lima tahun kedepan.

“Selain memperbaiki lingkungan, kita juga mengambil kesempatan dalam rangka perluasan kesempatan kerja atau lapangan kerja. Pada areal satu hektar persemaian permanen seperti ini saja, memerlukan sampai 50 orang tenaga kerja yang bekerja sepanjang tahun”, kata Siti Nurbaya.

Oleh karena itu, RHL Tahun 2019 juga merupakan kegiatan penting penyediaan lapangan kerja, dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan.

Sementara itu, Plt. Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung KLHK Hudoyo menjelaskan bahwa dalam tahun 2019 tersedia dukungan anggaran untuk penanaman pohon sangat besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp. 2,7 triliun untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) tahun 2019 guna penanaman pohon di areal seluas 206 ribu ha selain pengembangan kebun bibit dan persemaian.

Dalam jangka pendek, peningkatan kesejahteraan masyarakat ini dilakukan melalui pelibatan dalam pembibitan dan penanaman. Sedangkan dalam jangka panjang, masyarakat dapat menikmati hasil dari tanaman RHL, seperti nangka, cengkeh, pinus, puspa dan bahkan macadamia yang memiliki nilai ekologis dan ekonomis sangat tinggi.

Langkah-langkah itu semua mengawali upaya yang signifikan memulihkan lahan kritis sekitar 14 juta ha, yang merupakan tantangan besar harus diatasi. Selain dengan APBN maka upaya penerapan kewajiban dunia usaha dan juga program-program voluntary masyarakat setidaknya bisa mencakup luasan rehabilitasi/penanaman hingga 350-400 ribu hektar setahun. “ Kita akan dan harus kerja keras seluruh elemen bangsa, pemerintah, pemda, swasta, aktivis dan komunitas serta semua pihak termasuk anak-anak sekolah. Semoga bisa kita lakukan dengan baik”, demikian Siti. (PS)

Berita terkini

Jelang Tahun Ajaran Baru, Kemenag Rampungkan Modul Moderasi Beragama

Indonesiainside.id, Jakarta - Setelah melewati proses panjang, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama merampungkan penyusunan modul Moderasi Beragama untuk siswa madrasah. Modul ini sudah terbit...
- Advertisement -
ads1 mekarsari

Kasus Covid-19 di Pabrik Unilever, Bupati Bekasi: Jangan Ada Lagi Klaster Baru di Sektor Industri

Indonesiainside.id, Bekasi - Temuan kasus Covid-19 di PT Unilever Savoury Factory Cikarang, Bekasi, mengakibatkan kasus Covid-19 di wilayah ini kembali meningkat. Jumlah kasus terkonfirmasi...

Anies dan JK Resmikan Masjid Amir Hamzah, Semoga Jadi Sumber Inspirasi Seniman

Indonesiainside.id, Jakarta - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan Masjid Amir Hamzah yang di kawasan Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat. Peresmian menandai...

Perombakan Kabinet Prancis, Pertaruhan Presiden Macron untuk Pilpres 2022?

Indonesiainside.id, Paris – Perdana Menteri Prancis Édouard Philippe, mengajukan pengunduran dirinya dan pemerintahannya, pada Jumat (3/7). Istana Élysée melaporkan  dalam sebuah pernyataan bahwa Presiden...

Berita terkait

Update Covid-19: Bertambah 1.301 Kasus, Pasien Meninggal 3.036 Orang

Indonesiainside.id, Jakarta - Kasus pertambahan kasus orang positif Covid-19 sedang berada di angka tinggi-tingginya. Hingga hari ini kasus Covid-19 masih di atas 1.000 kasus. Juru...

Dukung RUU HIP Ditunda, PGI: Jangan Tafsir Ulang Pancasila

Indonesiainside.id, Jakarta –  Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Pdt Jacky Manuputty, menilai Pancasila sudah final dan menjadi sumber pemersatu dan kemajuan bangsa. Maka...

107 Pasar Sempat Ditutup akibat Kasus Covid-19

Indonesiainside.id, Jakarta - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mencatat sebanyak 107 pasar tradisional di Indonesia sempat ditutup akibat ditemukan kasus positif Covid-19 sejak Mei...

Indonesia Umumkan 1.301 Kasus Baru Covid-19, Total 60.695 Kasus Positif

Indonesiainside.id, Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan sebanyak 1.301 kasus Covid-19 pada Jumat (3/7). Kini, total kasus seluruhnya menjadi 60.695...

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here