Bantah Sri Mulyani, Mendes PDTT Bilang Desa Siluman Tidak Ada

Indonesiainside.id, Jakarta – Berbeda dengan Menteri Keuangan Sei Mulyani, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, membantah adanya ‘desa siluman’. Persoalan tersebut juga sempat mewarnai rapat kerja Kemendes dengan Komisi V DPR yang digelar hari ini.

“Saya tidak pernah mengiyakan adanya desa siluman,” kata Abdul di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/11). Ia mengatakan, dalam perspektif data yang adek di Kemendes tidak ada satupun desa yang tidak berpenduduk menerima dana desa. Ia juga memastikan semua desa penerima dana digunakan untuk membangun.

“Dalam perspektif Kementerian desa semua dana yang sudah disalurkan kemudian dicairkan ke desa itu sudah kita pantau betul dan itu sudah digunakan untuk membangun,” kata dia.

Dia menyebut tahapan laporan dana desa pun sudah berjalan. Ia mencontohkan termen satu 20 persen. Untuk mendapatkan pencairan termen dua 40 persen harus terlebih dahulu menyelesaikan laporan akhir tahun. Kemudian, progress yang sedang berjalan itu terbit termen pencairan yang kedua.

“Dari sisi itu tidak ada satupun desa yang tidak yang bertanggung jawab,” kata dia.

Abdul menjelaskan, tolak ukur dari argumentasinya tersebut adalah jumlah penduduk serta luas wilayah. Namun, hal itu masih harus diterjemahkan lagi. Ia mengaku hal yang menjadi PR hingga saat ini adalah batas desa.

“Jangan sampai kepala desa disalahkan hanya gara-gara belum ada batas desa. Kebutuhan riil untuk bangun misalnya jalan desa ternyata jalan desa yang dibangun desa A masuk ke wilayah desa B, misalnya. Nah ini kalau ada yg gak suka, bisa dipermsalahkan,” ucap dia.

Hal itu kata dia, buka tidak dibangun apalagi terjadi manipulasi, tetapi penempatannya tidak pas lantaran batas desa tidak diketahui.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here