Indonesiainside.id
No Result
View All Result
Senin, 15 Agustus 2022
  • Home
  • Populer
  • Haji 2022
  • News
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Home
  • Populer
  • Haji 2022
  • News
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
Indonesiainside.id
Home News Nasional

Terima 500 Aduan Tiap Hari, Kanal SP4AN-LAPOR! Mencapai Kepuasan Publik

Prima Prabowo
Selasa, 19/11/2019 14:35
Heny Susilowati

Dari kiri ke kanan: Peneliti Poling center - Heny Susilowati, Deputi Pelayanan Publik, Menpan RB - Diah Natalisa, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan SIPP (sistem informasi pengelolaan pengaduan) - Muhammad Immanudin. Foto: Anisa Tri K/Indonesiainside.id

Bagikan di FacebookBagikan di Twitter

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah memantapkan kebijakan strategis terkait pelayanan publik digital dan terpadu. Kebijakan itu mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait pengaduan dan informasi pelayanan publik.

Sebagai kanal yang dimiliki oleh pemerintah, kanal pelaporan SP4N-LAPOR! telah terhubung dengan 34 Kementerian, 96 Lembaga, dan 493 Pemerintah daerah di Indonesia.

“LAPOR ini adalah kanal laporan yang bagus, apalagi survei ini kita bisa tahu seberapa jauh masyarakat menggunakan dan seberapa puas, serta kendalanya apa saja. Ini bisa jadi masukan untuk Kemenpan RB ke depannya,” ujar Heny Susilowati selaku Peneliti Polling Center dalam pres conference di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Selasa (19/11).

Menutup akhir tahun, Menpan RB melakukan pelaporan data terkait survei penggunaan SP4AN-LAPOR!
Survei ini berdasarkan data pelaporan pada Januari 2018- Februari 2019 dan Administrator yang bertugas sejak tahun 2016 sampai saat ini.

Baca Juga:

Mendagri: Perintah Presiden dan Wapres, Semua Daerah Harus Punya Mal Pelayanan Publik

Tjahjo Kumolo: 2022, Pemerintah Fokus Rekrut PPPK

“Jumlah laporan per hari mencapai 500 aduan melalui admin nasional. Jadi kita harus ubah paradigma, jika banyak aduan itu bukan berarti pelayanan publiknya buruk, sebaliknya jika aduan yang ada sedikit bukan berarti pelayanan publiknya sudah bagus,” ujar Deputi Pelayanan Publik, Menpan RB Diah Natalisa.

Survei ini adalah survei kuantitatif yang dilakukan melalui metode survei telepon. Dengan total responden sebanyak 1085 pengguna dan 131 admin. Responden mewakili regional Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara, Sulawesi, Papua Maluku dan Nasional.

Walaupun masih diperlukan peningkatan, dari hasil survei, sebanyak 72 persen pengguna mengaku puas terhadap kanal pelaporan SP4AN-LAPOR!. (PS)

Tags: fasilitas pengaduanKemenpan RBPelayanan Publik
Berita Sebelumnya

Harimau Malaya Waspadai Sergapan Tim Garuda

Berita Selanjutnya

Thailand Tolak Kelapa asal RI, Eksportir Teriak Rugi Miliaran Rupiah

Rekomendasi Berita

Jelang Perayaan Kemerdekaan, 127 Tokoh Dapat Penghargaan dari Pemerintah
Nasional

Jelang Perayaan Kemerdekaan, 127 Tokoh Dapat Penghargaan dari Pemerintah

15/08/2022
Yang Suka Beli Pakaian Bekas, Awas! Pak Zulhas Temukan Ada Bahaya Jamur Kapang
Headline

Yang Suka Beli Pakaian Bekas, Awas! Pak Zulhas Temukan Ada Bahaya Jamur Kapang

13/08/2022
Vaksinasi Bukan Obat, Menkes Minta Kepala Daerah Waspada
Headline

Vaksinasi Bukan Obat, Menkes Minta Kepala Daerah Waspada

13/08/2022
Susi Anggap Subsidi BBM bagi Nelayan Kecil Diambil Pencuri Ikan, Komisi IV DPR: Perlu Diluruskan
Headline

Susi Anggap Subsidi BBM bagi Nelayan Kecil Diambil Pencuri Ikan, Komisi IV DPR: Perlu Diluruskan

11/08/2022
Presiden Sayangkan Banyak WNI Berobat ke Luar Negeri, DPR: Perbaiki Kualitas Pelayanan Kesehatan!
Headline

Presiden Sayangkan Banyak WNI Berobat ke Luar Negeri, DPR: Perbaiki Kualitas Pelayanan Kesehatan!

11/08/2022
Menteri Basuki Serah Terima 300 Unit Huntap di Pulau Adonara Flores Timur
Nasional

Menteri Basuki Serah Terima 300 Unit Huntap di Pulau Adonara Flores Timur

05/08/2022

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Delapan Warga Israel Terluka Terkena Tembakan di Sebuah Bus

14/08/2022 21:48

Penulis Ayat-Ayat Setan Dalam Kondisi Kritis Setelah Ditikam

14/08/2022 21:54

Risalah

Sikap Sahabat Saat Lalai dalam Shalat
Headline

5 Jenis Ibadah Punya Kekuatan Ajaib Sembuhkan Penyakit (1): Terapi Shalat Tahajjud

14/08/2022
Ada 10 Macam Tangisan, Kebanyakan Air Mata Palsu yang Hanya Tersentuh Duniawi
Headline

Ada 10 Macam Tangisan, Kebanyakan Air Mata Palsu yang Hanya Tersentuh Duniawi

13/08/2022
Mubahalah Berefek Domino
Headline

Tak Perlu Menunggu Satu Nyawa Hilang di Rumah Pejabat

13/08/2022
Para Penjaga Neraka
Risalah

Kedalaman Neraka dan Orang-Orang yang Memasukinya

13/08/2022

Berita Terkini

Matiji Menagih Janji Yusuf Mansur

Matiji Menagih Janji Yusuf Mansur

15/08/2022 16:30
Presiden Jokowi: Kita Harus Jadi Pemain Ekonomi Digital

Pemerintah Minta UMKM Naik Kelas

15/08/2022 14:09
Kejagung Diminta Kerja Sama dengan China Jika Apeng Tidak Serahkan Diri

Kejagung Diminta Kerja Sama dengan China Jika Apeng Tidak Serahkan Diri

15/08/2022 12:00
Jelang Perayaan Kemerdekaan, 127 Tokoh Dapat Penghargaan dari Pemerintah

Jelang Perayaan Kemerdekaan, 127 Tokoh Dapat Penghargaan dari Pemerintah

15/08/2022 11:30
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Media Monitoring
  • Iklan
  • Kontak
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
Indonesiainside.id

© 2022 MediatrustPR. All right reserved

No Result
View All Result
  • Home
  • News
    • Nasional
    • Politik
    • Hukum
    • Humaniora
    • Internasional
    • Nusantara
  • Ekonomi
  • Metropolitan
  • Lifestyle
  • Olahraga
  • Tekno
  • Risalah
  • Khazanah
  • Narasi
  • Serba-serbi
    • Foto
    • Pojok
    • Infografis
    • Videografis
  • Media Monitoring
  • Berita Populer
  • Indeks Berita
  • Download Apps

© 2022 MediatrustPR. All right reserved