Bandara Kertajati Tak Laku, Menhub Minta Bantuan Kedutaan Saudi

bandara kertajati
Bangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Hingga kini, pemanfaatan Bandar Udara Internasional Kertajati, Jawa Barat, belum juga optimal. Karenanya, pemerintah terus mencari format agar bandara baru itu ramai untuk penerbangan domestik dan mancanegara.

Terbaru, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan akan berkunjung ke Kedutaan Arab Saudi untuk penerbangan jamaah haji dan umrah. Menhub meminta bantuan Kedutaan Arab Saudi agar Bandara Kertajati dapat melayani dan memfasilitasi jamaah haji 2020.

“Jadi dukungan Pak Menteri Agama dan Insya Allah (bandara) Kertajati bisa dimanfaatkan,” ujar Budi usai bertemu Menag Fachrul Razi di kantornya, di lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (6/12).

Dia juga mengapresiasi kepastian Kementerian Agama bahwa jamaah haji dan umrah tahun 2020 yang berdomisili di sekitar Kabupaten Kuningan, Cirebon dan Majalengka dapat melalui Bandar Udara Kertajati.

“Tentang ada yang perlu dikoordinasikan, Pak Menteri Agama sudah mengizinkan. Minggu depan akan dibahas, sehingga masalah-masalah yang perlu dipersiapkan, baik itu berkaitan dengan penerbangan dan fasilitas bisa diselesaikan,” kata Budi.

Menhub juga sepakat dengan Menag bahwa tidak ada kenaikan biaya haji pada tahun 2020. Hal ini disepakati oleh pihak Kemenag, Kemenhub dan Pemerintah Daerah Jawa Barat.

“Pak Menteri Agama tidak mau ada masalah-masalah. Jadi harus diselesaikan,” kata dia.

Mengenai umrah, Kemenhub mengidentifikasi setidaknya ada 180 ribu jamaah umrah dari Jawa Barat bagian timur. Mereka berasal dari daerah Cirebon, Indramayu, Subang, Majalengka, dan sekitarnya.

“Berarti setiap hari bisa satu flight (penerbangan), persoalannya waktu itu kan harga avtur, Dirut Pertamina sudah menjamin harga avtur Kertajati sama dengan (bandara) Soetta. Berarti sudah selesai,” katanya.

Termasuk dengan pihak travel, dia menyebutkan tidak ada masalah. “Nah sekarang saya kulo nuwun, Menteri Agama setuju sekali terlibat di sana,” ujar dia. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here