Resep Guru Besar FKUI Atasi Defisit BPJS Kesehatan

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Akmal Taher. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Akmal Taher memberikan “resep” atau cara untuk menyelesaikan masalah di sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satu caranya dengan mereformasi sejumlah regulasi yang berkaitan dengan sektor kesehatan.

“Hal paling dasar yang harus diperkuat dalam menyelesaikan berbagai masalah di sistem JKN adalah dengan penguatan layanan kesehatan primer,” ungkapnya.

Konsep “resep” kesehatan untuk seluruh masyarakat ini sudah pernah dibuat pada Deklarasi Alma-Ata di Kazakhstan pada 1978 yang menurutnya masih relevan dan sangat dibutuhkan sampai saat ini.

Ia menjelaskan penguatan layanan kesehatan primer terbagi menjadi tiga bidang yang membutuhkan peran dari pemangku kepentingan yang berbeda. Yaitu pertama, mulai dari komitmen pemerintah dalam membuat kebijakan untuk mencegah terjadinya penyakit di masyarakat seperti kebijakan terkait rokok dan batas kadar gula, garam, lemak yang boleh dikonsumsi oleh masyarakat.

Selain itu, kedua, perlu juga kebijakan-kebijakan lain dari lintas kementerian-lembaga di luar bidang kesehatan yang memiliki pengaruh pada kesehatan masyarakat seperti akses air bersih dan sanitasi yang baik.

Di samping itu, juga diperlukan partisipasi masyarakat akan kesadaran berperilaku hidup sehat seperti mengecek kesehatan secara berkala di Posbindu ataupun Puskesmas, dan juga menerapkan perilaku hidup sehat, serta menjaga kesehatan lingkungan.

“Perlu partisipasi masyarakat. Masyarakat ngga akan partisipasi kalau ngga percaya sama pemimpinnya,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here