Upaya Pemerintah Aceh Ubah Musibah Tsunami Jadi Berkah

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Setiap tanggal 26 Desember, masyarakat Aceh memperingati bencana Tsunami 26 Desember 2016. Tahun ini, peringatan Tsunami Aceh dipusatkan di Sigli.

Pemerintah telah menetapkan tanggal tersebut menjadi hari libur melalui Surat Keputusan Gubernur Aceh tentang Hari Libur Resmi Memperingati Gempa dan Tsunami Aceh yang ditetapkan pada 24 Juni 2019. Keputusan ini ditandatangani Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Iya, setiap tanggal 26 (Desmber) libur di Aceh,” ujar Nova ditemui di kantor Badang Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Jakarta Pusat, Sabtu (21/12).

Nova menjelaskan, setelah peristiwa itu, Aceh terus berbenah. Dengan bantuan dana dari Pemerintah Pusat dan lembaga donor asing, pemulihan infrastruktur dan kondisi masyarakat terus dikebut.

“Musibah 26 Desember 2004 sudah ditransformasikan menjadi berkah, karena pascatsunami pembangunan infrastruktur kita alhamdulilah luar biasa,” tutur dia.

Tsunami besar yang melanda memicu konsolidasi lahan yang kemudian dimanfaatkan untuk beragam pembangunan. Seperti infrastruktur, sekolah, pembangunan sumber daya manusia.

“Termasuk sekolah-sekolah Turki banyak sekali tumbuh di Aceh dengan metode pembelajaran bilingual, yang paling menonjol itu infrastruktur,” imbuh Nova.

Katana dan 7.000 Tahun Tsunami Aceh

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menggagas program Katana atau Keluarga Tangguh Bencana. Adalah program sosialisasi tentang mitigasi bencana dan sosialisasi untuk meminimalisir korban akibat bencana.

Nova mengatakan, masyarakat harus dibuat sadar akan pentingnya tanggap bencana. Apalagi di Aceh, dimana tsunami merupakan fenomena yang akan berulang kembali.

“Jadi itu fenomena alam sebenarnya, bukan bencana. Sejak 7000 tahun lalu ada tsunami di Aceh,” kata dia. Untuk itu harus disosialisaskikan dan jadi kurikulum di sekolah agar kalau terjadi tsunami korban tak terlalu banyak. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here