Kemendikbud Rancang Syarat Kampus Harus Memiliki 50 Persen Dosen Praktisi

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati saat membuka acara "Industrial Gathering dan Tetra Helix Forum" di Kampus Politeknik Negeri Bali, di Jimbaran, Kabupaten Badung. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Denpasar – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merancang tentang syarat dosen yang harus dimiliki oleh sebuah kampus. Syarat itu adalah minimal 50 persen dosen adalah seorang praktisi.

Hal ini mengemuka dalam pelaksanaan Forum pertemuan Tetra Helix yang diinisiasi oleh Politeknik Negeri Bali. Kegiatan ini mengambil tema “Industrial Gathering dan Tetra Helix Forum” dengan tema besar Pengembangan, peluang, dan Tantangan SDM Unggul di Era Milenial Berbasis Pariwisata Hijau (Green Tourism) di Kampus Politeknik Negeri Bali, Jimbaran-Badung, pada Sabtu (18/1).

Plt. Direktur Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Ir. Patdono Suwignjo menyampaikan apresiasi atas acara dan forum yang digagas Politeknik Negeri Bali tersebut.

Ia menyatakan bahwa, instruksi Presiden RI saat ini adalah mengembangkan program atau kebijakan yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat terutama dalam peningkatan SDM.

Untuk itu, kedepan Kemendikbud telah merancang beberapa program, salah satunya terkait pada pendidikan vokasi seperti Polteknik adalah melakukan pelatihan-pelatihan tidak hanya terhadap para dosen tetapi juga untuk direktur, mahasiswa serta kedepan 50% dosen di politeknik adalah seorang praktisi.

Dengan jumlah dosen 50 persen praktisi, pengiriman materi pembelajaran kepada mahasiswa sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

Selain itu, Kementrian berharap kedepan dunia industri lebih aktif untuk masuk dan membantu perguruan tinggi dalam memberikan pembelajaran kepada mahasiswa.

“Kami akan mengedepankan program bring industry to campus, dan untuk mengintensifkan hal tersebut kami juga akan mendirikan dewan vokasi yang nantinya akan bertugas mengidentifikasi seluruh program yang ada di PT vokasi di seluruh Indonesia”, ujarnya.

Untuk itu, ia berharp hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik oleh seluruh perguruan tinggi vokasi di Indonesia, sehingga cita-cita dalam menciptakan SDM yang unggul dapat terlaksana dengan baik. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here