Din Syamsuddin: Joserizal Jurnalis Seorang Mujahid Kemanusiaan

Din Syamsuddin
Din Syamsuddin. Foto: Ahmad ZR/ Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Din Syamsuddin turut bertakziah ke kediaman Pendiri dan Dewan Pembina Medical Emergency Rescue Committee MER-C, dr Joserizal Jurnalis. Din menyatakan bahwa kematian adalah suatu kepastian sebagaimana bunyi ayat kullu nafsin dzaiqatul maut.

“Sangat manusiawi ketika kita bersedih atas meninggalnya seseorang, tapi keimanan kita tentunya harus rela atas segala ketetapan Allah,” kata Din di Masjid Silaturahim, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (20/1).

Meninggalnya dr Jose, kata Din, bukan hanya disedihkan oleh masyarakat Indonesia, tapi juga lembaga kemanusiaan internasional. Atas nama Majelis Ulama Indonesia dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dia menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya.

“Almarhum dr Joserizal Jurnalis adalah mujahid dakwah, mujahid kemanusiaan yang telah mengisi hidupnya untuk kemanusiaan. Inilah esensi Islam, yaitu dinul Insaniyah (agama yang fokus pada kemanusiaan),” ucapnya.

Dia mengaku mengetahui persis bagaimana prakarsa dr Jose bersama MER-C untuk membantu korban kemanusiaan di Palestina, Rohingya, termasuk masyarakat korban bencana di Indonesia. Maka itu, dia mengajak siapa pun untuk mengambil inspirasi kebaikan dari dr Jose.

“Kami harap umat ini dapat melahirkan dr Jose Rizal yang baru. Umat ini butuh pelanjut seperti beliau,” ujarnya. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here