KPAI Ralat Pernyataan ‘Wanita Bisa Hamil Saat Berenang’

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Sitti Hikmawatty, meralat pernyataan yang menyebut wanita bisa hamil saat berenang di kolam renang bersama laki-laki. Pernyataan itu dilontarkan pada Jumat (21/2) dan menjadi perbincangan hangat publik hingga menjadi trending topik di laman Twitter.

Kala itu, Sitti mengklaim bahwa wanita dimungkinkan hamil tanpa penetrasi. Ia menyebut ada jenis sperma yang kuat dan bisa saja masuk ke sel telur perempuan dengan mediasi kolam renang.

“Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statement yang tidak tepat. Statement tersebut adalah statement pribadi saya dan bukan dari KPAI,” kata Sitti dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (23/2).

Komisioner yang membidangi Kesehatan, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) itu kemudian mencabut pernyataannya. Namun, Sitti tidak menjelaskan secara detail alasan ketiktepatan pernyataan tersebut. Ia memohon kepada publik agar tidak menyebarkan lagi informasi tersebut.

“Saya memohon ke semua pihak untuk tidak menyebarluaskan lebih jauh atau memviralkannya,” kata Sitti.

Ketua KPAI, Susanto, juga telah mengeluarkan pernyataan klarifikasi terkait hal tersebut. Ia menegaskan, pernyataan Sitti hanya pernyataan pribadi dan tidak mewakili KPAI.

“Pemahaman dan sikap KPAI tidak sebagaimana narasi berita di media online dimaksud. Semoga klarifikasi ini dapat meluruskan kesalahpahaman berita sebagaimana yang beredar,” ucap dia dalam keterangannya di Jakarta.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, dr. Yassin Yanuar Mohammad, SpOG, mengatakan mustahil jika sel sperma dapat berjalan menuju rahim atau vagina perempuan di dalam kolam renang yang begitu besar. Ini karena sperma tidak memilki penglihatan dan hanya bisa bergerak ke depan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here