Hadapi Corona Bukan Pakai Masker, Ini Tips dari Menkes Terawan

terawan adi putranto
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto. Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menegaskan bahwa menghalau virus corona pada diri sendiri bukan mengenakan masker. Tapi menjaga daya tahan atau imunitas tubuh. “Kita bisa melihat nomor satu untuk bisa terhindar dari virus corona Covid-19 adalah imunitas tubuh,” ujarnya ditemui di Jakarta Pusat, kemarin malam.

Salah satu menjaga imunitas tubuh, lanjutnya, adalah mengurangi begadang. Makan secara cukup dan lakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Kedua, apa yang dikenal dengan psikoneuroimunologi. Dalam hal ini, Terawan mengatakan kalau terus-terusan mendapat persepsi yang salah dan menimbulkan kecemasan dan melemahkan imunitas.

Maksudnya, publik diminta tidak terlalu cemas atau khawatir dalam menyikapi epidemi. Responsivitas sistem imun terhadap stres menjadi konsep dasar dalam ilmu ini.

“Tak ada di dunia ini lebih bagus kecuali imunitas tubuh kita sendiri. Bukan masalah vaksin juga belum ada, obat belum ada,” imbuh dia.

“Karena itu sata minta jaga imunitas. Kedua, yang sakit pakai masker yang sehat tidak perlu, itu ketentuan WHO,” Terawan menegaskan sekali lagi. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here