Pemerintah Diminta Lebih Transparan Sampaikan Informasi terkait Covid-19

rumah sakit rujukan corona
Petugas medis unit gawat darurat menunjukkan ruang isolasi untuk pasien virus corona atau covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Slamet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta—Pemerintah Indonesia semestinya lebih transparan untuk mengungkap informasi terkait kasus corona (Covid-19). Meski tak harus menyebutkan detail pasien yang terpapar virus corona, setidaknya informasi terkait wilayah mana muasal pasien, dan riwayat kunjungan, akan membuat masyarakat lebih sigap dan waspada.

Selama ini, Pemerintah Indonesia menolak mengungkapkan wilayah mana saja yang terjangkit Covid-19 serta negara asal kasus dari luar negeri (imported cases) yang ditemukan di Indonesia. Pemerintah juga tidak mengungkapkan riwayat kunjungan pasien Covid-19 seperti yang dilakukan oleh negara lain.

Filani Olyvia, 27, seorang karyawan dari perusahaan swasta di Jakarta Pusat menilai pemerintah semestinya menyampaikan informasi tersebut agar masyarakat bisa lebih waspada.

Ketika informasi itu tidak diketahui, Filani mengatakan itu menyulitkan masyarakat untuk memahami seberapa rentan mereka terhadap wabah Covid-19.

“Saya tidak perlu tahu data pribadi mereka, tapi saya butuh tahu lokasi-lokasi yang terdampak supaya lebih aware,” kata Filani seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (12/3).

Menurut dia, informasi tentang riwayat kunjungan pasien di tempat umum atau lokasi transmisi yang juga terjadi di tempat umum justru akan membantu penelusuran pemerintah terkait kasus tersebut.

“Kalau saya tahu, saya bisa antisipasi dengan melakukan pemeriksaan. Kalau memang sekiranya saya ada di waktu dan tempat yang sama dengan penderita,” kata dia.

Tenaga Ahli Utama Kepresidenan, Dany Amrul Ichdan mengakui bahwa pemerintah tidak bisa terlalu terbuka seperti negara lain dalam menyampaikan informasi terkait Covid-19. Menurut dia, sikap terlalu terbuka justru berpotensi menimbulkan kepanikan alih-alih membuat masyarakat lebih siaga.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here