WNA Positif Corona Meninggal di Bali, DPR RI Minta Setop Kunjungan Wisman ke Pulau Dewata

I Ketut Kariyasa Adnyana. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Denpasar – Satu warga negara Inggris yang positif terinfeksi virus corona meninggal dunia di RSUP Sanglah, Rabu (11/3) dini hari. Pasien lainnya yang masih dalam status pengawasan masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUP Sanglah. Terkait ini, DR RI dorong setop kunjungan wisman ke Bali untuk sementara.

Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Bali I Ketut Kariyasa Adnyana mengatakan, perlu kerja serius untuk menanggulangi wabah virus Corona di Bali. Ia mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali yang sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulan Virus Corona.

Kariyasa menegaskan, penanggulangan virus Corona di Bali harus mengutamakan keselamatan nyawa manusia. Karena itu, walaupun harus berdampak terhadap pariwisata, ia meminta Pemerintah untuk menghentikan sementara kunjungan wisatawan dari luar negeri ke Bali sampai pulau Dewata benar-benar steril dari virus Corona.

Langkah itu dilakukan untuk mencegah Bali menjadi endemik wabah virus corona seperti yang terjadi di Italia sekarang ini. “Pemprov Bali kan sudah bentuk Satgas, ini juga sesuai dengan arahan ketua DPR RI. Kita lebih bagus mulai mengambil sikap penolakan dulu terhadap wisatawan, mengambil sikap terhadap wisatawan (menghentikan kedatangan wisatawan ke Bali). Jangan sampai terjadi seperti di Italia, Lockdown total itu,” kata Kariyasa, Kamis(12/3).

Walaupun spenyebaran virus ini tergantung pada kondisi tubuh, tapi tidak semua orang daya tahan tubuhnya bagus. Karena itu, kata dia, harus diambil kebijakan untuk menghentikan kedatangan wisatawan mancanwgara (wisman) ke Bali. Ia melanjutkan, Pemerintah tak bisa mengandalkan pemeriksaan wisatawan di bandara untuk menangkal wabah virus corona masuk ke Bali.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here