188 ABK Dream World Sembuh dan 9 Diamond Princess Pulang ke Indonesia Malam Ini

Kapal Pesiar - Grand Princess

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah menyatakan sebanyak 188 anak buah kapal Dream World yang menjalani observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, sudah dapat dipulangkan seluruhnya. Mereka akan dikembalikan ke daerah masing-masing malam ini.

“188 ABK Dream World sudah bisa dipulangkan seluruhnya, kondisi sehat, sudah kita beri surat keterangan bahwa dalam observasi 14 hari tidak ada satu pun gejala ke arah Covid-19,” ujar Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (Covid-19) Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/3).

Yurianto mengatakan, rencananya 188 ABK itu akan diantar dari Pulau Sebaru ke Kolinlamil, Tanjung Priok, menggunakan KRI Semarang.

Pemerintah pusat sudah meminta perwakilan pemerintah daerah masing-masing ABK tersebut untuk menjemput di Kolinlamil, Tanjung Priok. “Kita sudah komunikasikan pemda asal untuk menerima di Kolinlamil. Selanjutnya kita izinkan untuk langsung pulang ke kampung halaman,” jelas Yurianto.

Sementara itu, sebanyak sembilan warga negara Indonesia (WNI), anak buah kapal Diamond Princess yang sebelumnya dirawat di Jepang karena Covid-19, dipulangkan ke Tanah Air malam ini, Jumat (13/3).

“Sembilan orang ABK Diamond Princess yang semula sakit dan dirawat di Jepang, Alhamdulillah malam ini sudah pulang semua, dalam keadaan sembuh,” kata Yurianto di Kantor Presiden.

Dia mengatakan, sembilan ABK itu telah menerima surat sertifikasi sembuh yang diberikan RS dari Jepang yang sempat merawat mereka. Selanjutnya sembilan ABK itu akan ditampung lebih dulu sambil menunggu 69 WNI ABK Kapal Diamond Princess lainnya selesai menjalani observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here