Jokowi, Pimpin Rakyat Hadapi Corona

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Mensesneg Pratikno menyampaikan keterangan pers di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Presiden menyatakan telah memerintahkan para menteri untuk mengingatkan para pejabat publik dan pihak rumah sakit agar tidak membuka data pasien positif corona serta mengajak masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada dan beraktivitas seperti biasa. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR, Sukamta, menilai pemerintah harus membuat persiapan dan memimpin rakyat menghadapi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Terlebih lagi saat ini pasien positif corona di Tanah Air mencapai 69 orang, dan 4 di antaranya meninggal dunia.

“Pemerintah kita harus terbuka dan memimpin rakyat dalam menghadapi virus Corona ini,” ucap dia kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/3).

Dia mengaku sudah memperingatkan sejak awal virus itu menyebar, namun pemerintah merespon lambat dan menganggap enteng wabah itu. Sikap lambat itu ditandai dengan pernyataan dan tindakan pemerintah saat ini menjadi bukti.

Jumlah kasus corona yang melanda Indonesia terus bertambah setiap hari. Jika di Cina, kata dia, telah berlangsung beberapa bulan. Ia menyebut di Indonesia saat ini merupakan fase awal penyebaran, terus mengalami peningkatan dan akan mencapai puncak pada rentang 60-80 hari kedepan. Hal itu sesuai dengan model penyebaran virus Corona yang pemerintah buat.

Menurut Sukamta, pemerintah harus mengambil beberapa kebijakan tepat untuk menghadapi kondisi tersebut. Pertama, Presiden Joko Widodo alias Jokowi harus menyampaikan secara terbuka kepada rakyat, apa langkah yang direncanakan dan akan diambil oleh pemerintah.

Jokowi juga harus menyampaikan apa yang harus dilakukan oleh rakyat untuk mendukung keberhasilan rencana tersebut. Langkah itu penting dilakukan untuk memberikan kepastian dan ketenangan kepada rakyat. “Ujian kualitas kepemimpinan Presiden Joko Widodo menjadi taruhannya,” ucap dia.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here