Menag Silahkan Salat Jumat, Tarawih dan Bukber Ramadhan, Tapi Jangan Salaman Apalagi Cipika Cipiki

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (keempat kiri), Menteri BUMN Erick Thohir (kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (ketiga kiri) dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meninjau pembersihan Masjid Istiqlal dengan cairan desinfektan di Jakarta Pusat, Jumat (13/3). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Agama tetap memperbolehkan masjid menggelar shalat Jumat meski adanya wabah Covid-19. Namun, disarankan agar para jemaah tidak bersalaman, apalagi bercipika-cipiki.

“Kemudian antara lain sebagai contoh kita sarankan untuk tidak lagi sementara waktu ini bersalaman apalagi bercipika cipiki,” ujar Menteri Agama Fachrul Razi usai mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan aksi bersih-bersih di Masjid Istiqlal, Jakarta pada Jumat(13/3).

Ia juga mengimbau agar pengurus masjid di seluruh Indonesia untuk menggulung atau tidak menggunakan karpet karena merupakan sumber penyakit.

“Agar masjid melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau pengurus masjid untuk menggunakan pengukur suhu tubuh agar para jamaah bisa dilakukan pemeriksaan.

Dan, bagi jamaah yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat untuk tidak masuk ke lingkungan masjid.

“Karena ke sini kan niatnya ibadah, kalau bisa menularkan ke orang lain kan ibadahnya sudah hilang. Saya kira semuanya sudah paham,” tambah dia.

Selain tetap memperbolehkan mengadakan shalat Jumat, Fachrul Razi juga menegaskan bahwa tetap memperbolehkan shalat tarawih dan buka puasa bersama pada Ramadhan nanti.

Kecuali ada perubahan situasi yang membuat situasi menjadi sangat jelek. Mudah-mudahan tidak terjadi. Nanti kita ambil langkah lain yang lebih baik dalam menghadapi ini,” pungkas dia.

Sebelumnya, di sejumlah negara kegiatan shalat Jumat ditiadakan, salah satunya di Singapura menyusul adanya wabah Covid-19.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here