PAN: Lockdown Daerah Itu Cara Efektif Cegah Penyebaran Corona

Yandri Susanto
Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/1). Foto: Muhajir/ Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Fraksi PAN di DPR, Yandri Susanto, menilai kebijakan lockdown (mengunci) daerah sebagai cara paling efektif dalam mencegah penyebaran virus corona Wuhan (Covid-19). Kendati demikian, dia menyarankan agar daerah yang di-lockdown hanya wilayah yang diduga menjadi pusat penularan virus itu.

“(Lockdown) itulah salah satu pencegahan yang paling efektif dilakukan negara-negara lain. Orang tidak boleh masuk, tidak boleh keluar pokoknya, semuanya,” kaya Yandri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (13/3).

Akan tetapi, Yandri juga menyadari apa risiko yang bakal dihadapi jika kebijakan itu diberlakukan di Indonesia. Ia pun mengusulkan, pemerintah harus memastikan stok pangan tercukupi dan memastikan psikologis masyarakat setempat tidak terganggu. “Artinya pemerintah harus benar-benar siap,” ucap dia.

Hal yang penting bagi Yandri adalah kejujuran pemerintah. Ia meminta Jokowi berserta seluruh anak buahnya jujur mengenai kondisi Indonesia di tengah wabah corona saat ini.

“Biar masyarakat waspada dan bisa mengantisipasi sama-sama, bukan hanya tugas pemerintah,” ucap dia.

Hingga Jumat (13/3) pukul 16.30 WIB, jumlah pasien positif virus corona di Indonesia mencapai 69 orang. Angka ini melonjak menjadi lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan jumlah yang dirilis pemerintah pada Rabu (11/3).

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengakui jika jumlah kasus yang ditemukan kali ini lebih banyak bersumber dari hasil tracing atau pelacakan yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan stakeholder terkait.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here