Pemerintah Diminta Jujur soal Corona

diduga-terjangkit-covid-19-virus-corona
Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus corona (COVID-19). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, mendesak pemerintah jujur mengenai penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia. Sikap ini menurutnya penting untuk mencegah ketakutan dan kepanikan di tengah masyarakat.

“Pemerintah harus terus terang, masyarakat harus tahu level coronavirus yang sebenarnya, terutama terakhir level virus Covid-19 Indonesia di level apa,” kata Mardani di Jakarta, Jumat (13/3).

Mardani juga mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Terlebih lagi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan corona sebagai pandemi global.

“Pemerintah harus membentuk Satgas Penanganan Covid-19. Jangan terlambat dan mengentengkan situasi, apalagi WHO sudah menetapkan status pandemi global,” ucap Mardani.

Dia menilai pembentukan Satgas Covid-19 sangat penting agar penanganan virus mematikan itu lebih terkoordinasi, terstruktur, dan terintegrasi. Pemerintah juga bisa belajar dari beberapa negara yang berhasil menghadapi virus yang sudah menjangkit 130.000 jiwa dengan jumlah kematian hampir menyentuh angka 5.000 orang.

“Pemerintah bisa belajar dari negara yang sudah lebih dulu membuat sistem penanggulangan Covid-19 secara komprehensif yang efektif seperti Korea Selatan, Singapura,” ujar dia.

Menurut Mardani, Covid-19 juga “menjangkiti” sektor perekonomian Indonesia. Dampak wabah itu akan semakin meluas jika pemerintah tidak serius menangani kasus tersebut.

“Ketidakseriusan pemerintah bisa berakibat berbagai masalah yang akan timbul, termasuk krisis ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah harus bergerak cepat, antisipasi bisa dilakukan mulai dari pembagian masker gratis kepada warga,” ujar dia.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here