Anggota DPR Dorong Empat Kebijakan Pemerintah Tangani Corona

sukamta
Politikus PKS, Sukamta. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR, Sukamta, mendorong beberapa kebijakan tepat yang harus diambil oleh pemerintah dalam menghadapi wabah corona. Pertama, presiden harus menyampaikan secara terbuka kepada rakyat apa langkah yang direncakan dan akan diambil oleh pemerintah.

“Kemudian menyampaikan apa yang harus dilakukan oleh rakyat untuk mendukung keberhasilan rencana tersebut. Langkah ini penting dilakukan untuk memberikan kepastian dan ketenangan kepada rakyat. Ujian kualitas kepemimpinan Presiden Joko Widodo menjadi taruhannya,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (14/3).

Kedua, kebijakan pemerintah harus memprioritaskan kesehatan dan keselamatan rakyat Indonesia, bukan mengambil kebijakan yang aneh dan terkesan mengesampingkan manusia dibandingkan dengan menjaga stabilitas ekonomi. Menjaga kondisi ekonomi penting namun lebih penting menjaga nyawa rakyat Indonesia.

“Apalagi WHO (Badan Kesehatan Dunia) telah mengaitkan penyebaran cepat virus corona akibat kelambanan penanganan oleh banyak negara, salah satunya bisa jadi Indonesia. Rakyat memantau, merasakan dan mengambil kesimpulan dari informasi yang beredar di masyarakat terkait dengan penanganan pemerintah,” kata Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri ini.

Ketiga, pemerintah harus menyiapkan kondisi darurat ketika fase puncak penyebaran mulai dari skema level penanganan pasien, status kondisi penyebaran, kecepatan respon dan penanganan hingga menyiapkan fasilitas. Selain itu, langkah-langkah yang akan diambil menghadapi Ramadan dan Idul Fitri, kebijakan di bidang pendidikan terkait interaksi di sekolah dan kampus, kebijakan di bidang ekonomi yang strategis jangka panjang yang membela rakyat Indonesia secara keseluruhan bukan hanya masyarakat elite.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here