Covid-19 Makin Meluas, Anggota DPR Minta Pemerintah Liburkan Buruh

buruh pabrik garmen
Buruh pabrik garmen, saat pulang kerja. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI, Obon Tabroni, meminta pemerintah untuk meliburkan buruh dengan tetap membayar upah penuh sebagai upaya menghentikan penyebaran virus corona atau Covid-19. Menurutnya, sepanjang pabrik masih beroperasi, kerumunan orang akan sulit dihindari.

“Imbauan untuk berkumpul tidak akan efektif kalau tidak disertai dengan kebijakan yang lebih konkret. Misalnya dengan meliburkan pekerja dengan tetap membayar upah atau melakukan lockdown,” kata Obon di Jakarta, Selasa (24/3).

“Jangan sampai terlambat. Jangan menunggu korban lebih banyak lagi, baru kemudian memutuskan untuk meliburkan perusahaan. Buruh juga harus disiplin. Kalau nanti diliburkan dan memang tidak bekerja, harus berdiam diri di rumah,” imbuhnya.

Obon menjelaskan, di masa sulit akibat pandemi covid-19, pemerintah harus memberikan insentif untuk masyarakat. Terutama untuk menjamin kebutuhan pokok mereka terpenuhi.

“Apalagi di masa social distancing ini, banyak yang tidak bisa bekerja sehingga tidak lagi memiliki penghasilan,” kata dia.

Sementara itu, terkait dengan tes virus corona, Obon meminta agar rakyat miskin yang didahulukan. Menurutnya, masyarakat kurang mampu sangat rentan terinfeksi covid-19.

“Mereka tidak memiliki cukup uang untuk berobat dan membeli vitamin atau atibiotik untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ujarnya. (MSH)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here