Dibutuhkan Banyak Relawan Hadapi Corona

Petugas mendisinfeksi jalanan, stasiun dan tempat-tempat umum dalam langkah-langkah pencegahan penyebaran pandemi virus corona (Covid-19) di Nur Sultan, Kazakhstan (25/3/2020). Foto: Nur Sultan Governorship / Handout/ Agensi Anadolu

Indonesiainside.id, Jakarta – Dibutuhkan banyak relawan menjadi pejuang kemanusiaan untuk menanggulangi dampak corona atau Covid-19. Tenaga medis yang ada saat ini sangat memerlukan dukungan.

“Indonesia memanggil para relawan untuk menjadi bagian dari pejuang kemanusiaan pada hari ini,” kata Koordinator relawan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Andre Rahadian di Jakarta, Kamis (26/3).

Menurut dia, dibutuhkan 1.500 dokter spesialis paru dan ribuan dokter spesialis anestasi. Indonesia juga membutuhkan 2.500 dokter umum dan perawat serta paramedis laboratorium.

Andre mengimbau masyarakat berlatar belakang profesi sesuai, menghubungi pihaknya. Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 membuka pendaftaran relawan melalui website BNPB.

“Kami juga butuh relawan untuk bagian administrasi rumah sakit sampai ke supir ambulans,” kata dia.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan instansi akademik. Mereka juga diminta mengajak masyarakat. Beberapa universitas menyanggupi mengirimkan mahasiswa menjadi relawan.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here