Ini Prosedur Tes Covid-19 di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran

wisma atlet kemayoran
Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Pangdam Jaya, Mayjen Eko Margiyono,menjelaskan beberapa cara pendaftaran pemeriksaan virus corona (covid-19) untuk masyarakat di rumah sakit darurat Wisma Atlet, Kemayoran Jakarta Pusat. Masyarakat bisa langsung datang ke rumah sakit.

“Pertama, kalau ada gejala silakan datang ke rumah sakit, turun di lobi diperiksa. Nanti hasil pemeriksaan akan dipilah-pilahkan,” ujar dia saat teleconference di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Kamis (26/3).

Kedua, jika tidak bisa datang langsung, masyarakat bisa menelepon terlebih dahulu ke nomor 119. Nanti akan ada petugas yang menjemput dan mengantar ke rumah sakit.

Rumah sakit darurat juga bisa digunakan sebagai rujukan dari rumah sakit swasta. Namun, pasien yang dirujuk adalah yang memiliki gejala ringan covid-19.

“Rumah sakit swasta kalau tak mampu menampung dapat disalurkan. Tapi kita harapkan sudah ada pemeriksaan awal di rumah sakit tersebut, sehingga pada saat kami terima,  sudah ada data awal,” imbuh Eko.

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Arya Sinulingga, menambahkan rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran akan menjadi role model bagi daerah-daerah untuk mempersiapkan lonjakan pasien positif covid-19. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk mempercepat penanganan pasien virus corona.

“Kami juga kemarin mulai diperintahkan oleh Pak Erick Thohir supaya mencari di beberapa provinsi. Jadi ini diduplikasi. Apa yang dikerjakan di Jakarta akan kita duplikasikan di beberapa daerah,” kata Arya.

Sementara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengaku gelisah saat mengetahui peningkatan jumlah pasien virus corona yang dirujuk ke sana. Karena itu, dia meminta logistik di Wisma Atlet harus selalu siap.

“Terus terang, tadi malam saya terus memantau Wisma Atlet. Saya juga cukup risau dan manusiawi, ketika jumlah pasiennya dari 21 menjadi 102 dan ini saya belum cek lagi hari ini,” ujar Erick Thohir, melalu telekonferensi di Jakarta. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here