Jokowi Diminta Berlakukan Lockdown secara Bertahap

achmad baidowi
Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPR, Achmad Baidowi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi, menilai sudah saatnya pemerintah mempertimbangkan opsi karantina wilayah (lockdown) untuk sejumlah kota besar di Indonesia. Langkah ini diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) yang kian hari makin meningkat.

“Penyebaran virus sangat masif, sementara interaksi sosial masih terjadi. Maka pemerintah sudah bisa mempertimbangkan opsi karantina atau lockdown untuk kota-kota besar yang penyebaran Covid-19 sangat sporadis, khususnya DKI Jakarta,” kata pria yang akrab disapa Awiek itu di Jakarta, Kamis (26/3).

Menurut dia, opsi lockdown juga harus dipertimbangkan lantaran masyarakat seolah tak mengindahkan imbauan pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Masih banyak masyarakat yang memilih beraktivitas di luar rumah.

Awiek mencontohkan angkutan umum seperti Commuter Line (KRL), bus, dan angkot masih dipenuhi penumpang. Bahkan, Surat Edaran Kapolri Idham Azis yang melarang warga berkumpul hanya efektif di daerah-daerah tertentu. Sementara, masyarakat di sejumlah daerah lainnya tetap menggelar kegiatan rutin seperti arisan.

“Mengingat pelaksaan imbauan tidak maksimal, sudah saatnya pemerintah meningkatkan tensi yang lebih berat yakni sifatnya wajib. Dan bagi yang melanggar dikenakan sanksi pidana/denda,” ucap dia.

Awiek mengatakan, penerapan lockdown diatur dalam UU Nomor 6/2018 tentang Kekarantinaan Wilayah. Aturan itu bisa diterapkan, mengingat kondisi saat ini sudah sangat memperihatinkan.

Menurut dia, karantina bisa dilakukan per wilayah secara bertahap atau tidak perlu langsung secara nasional. Hal itu tertuang di Pasal 49 ayat 3 UU Karantina Kesehatan, kebijakan karantina wilayah dan pembatasan sosial bisa ditetapkan oleh pejabat setingkat menteri.

“Maka menteri yang ditunjuk bisa mengambil kebijakan karantina,” ucap dia. (AIJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here