Impor Alat Kesehatan untuk Penanggulangan Covid-19 Bebas Bea Masuk

Suasana pabrik pembuatan alat perlindungan diri (APD) di Brooklyn Navy Yard, New York, Amerika Serikat. ( Tayfun Coşkun - Anadolu Agency )

Indonesiainside.id, Jakarta-Pemerintah bakal membebaskan impor alat Kesehatan, alat Kesehatan diagnostik In vitro dan perbekalan kesehatan rumah tangga. Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan impor barang yang digunakan untuk penanggulangan virus corona (Covid-19).

Aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01.07 tahun 2020 tentang Alat Kesehatan, Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Dikecualikan Dari Perizinan Tata Niaga Impor Dalam Rangka Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 30 Maret 2020.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, Jumat (3/4), Keputusan Menteri Kesehatan itu menjelaskan bahwa alat kesehatan, alat kesehatan diagnostik in vitro, dan perbekalan kesehatan rumah tangga sebagaimana dimaksud akan diberikan pengecualian tata niaga impor oleh Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau pejabat yang ditunjuk.

Kemudian daftar alat Kesehatan yang dikecualikan tersebut tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini. Alat-alat kesehatan tersebut ditetapkan sesuai dengan Harmonized System (HS) Code.

Apabila penerapan HS Code yang tercantum dalam Lampiran sebagaimana dimaksud berbeda dengan (HS) Code dalam penyelenggaraan impor yang ditetapkan oleh instansi berwenang di bidang kepabeanan. Maka yang berlaku yaitu HS Code yang ditetapkan oleh instansi berwenang di bidang kepabeanan.

Kemudian pengecualian tata niaga impor alat –alat kesehatan tersebut berlaku sampai dengan tanggal 30 Juni 2020 berdasarkan tanggal pengapalan yang dibuktikan dengan Bill of Lading atau Airway Bill. Sementara itu, Menteri Kesehatan dapat menetapkan alat kesehatan yang dikecualikan dari perizinan tata niaga Impor yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri ini. (SD)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here